Italia Berlakukan Aturan Covid-19 Baru Terhadap yang Belum Divaksinasi
Foto : Orang-orang memakai masker pelindung saat mereka berjalan di sepanjang jalan perbelanjaan mewah Via Condotti di pusat kota Roma pada 05 Desember 2021.

Jakarta, HanTer - Orang-orang di Italia yang tidak divaksinasi Covid-19 tidak dapat lagi pergi ke teater, bioskop, tempat pertunjukan musik, atau acara olahraga besar di bawah aturan baru yang mulai berlaku Senin (6/12/2021).

Hanya mereka yang baru saja pulih dari Covid-19 yang dikecualikan dari aturan, yang mewakili pengetatan pembatasan yang signifikan dalam menghadapi meningkatnya infeksi.

Langkah-langkah baru juga diberlakukan di transportasi umum, dengan apa yang disebut Green Pass yang menunjukkan bukti vaksinasi, pemulihan baru-baru ini atau tes Covid-19 negatif yang sekarang diperlukan bahkan pada layanan lokal.

Seorang pria berusia 50-an didenda 400 euro karena tidak memiliki kartu pas pada Senin pagi ketika dia turun dari bus dekat Piazza del Popolo di Roma, menurut surat kabar Corriere della Sera. “Saya tidak memilikinya karena saya ingin divaksinasi dalam beberapa hari ke depan,” katanya.

Sebuah rekor 1,3 juta Green Pass diunduh pada hari Minggu sebelum perubahan.

Sementara itu di Roma pada akhir pekan, aturan baru yang mewajibkan masker wajah untuk dipakai di luar ruangan di jalan-jalan perbelanjaan tersibuk mulai berlaku.

Italia adalah negara Eropa pertama yang terkena virus corona pada awal 2020 dan memiliki salah satu korban tewas tertinggi, lebih dari 134.000. Namun, saat ini bernasib lebih baik daripada banyak tetangganya, dengan 15.000 kasus dari populasi 60 juta dilaporkan pada hari Minggu.

Hampir 85 persen lebih dari 12-an telah divaksinasi, kampanye booster sedang berjalan lancar dan jabs akan segera tersedia untuk anak-anak muda.

Green Pass diperkenalkan pada bulan Agustus untuk akses ke teater dan bioskop, museum dan tempat makan dalam ruangan, dan diperluas ke tempat kerja pada bulan Oktober – sebuah langkah yang memicu protes luas.

Mulai sekarang hingga 15 Januari, “Super Green Pass” baru, yang hanya dapat diperoleh melalui vaksinasi atau pemulihan baru-baru ini, akan diperlukan untuk kegiatan budaya, meskipun bukan museum dan di dalam restoran. Namun, minum kopi di bar kafe dan makan di luar diperbolehkan tanpa Green Pass. Pembatasan akan lebih diperketat di daerah yang berisiko lebih tinggi terkena virus corona.

Saat ini sebagian besar Italia digolongkan sebagai yang terendah dari empat tingkat, yang berkisar dari putih ke kuning, oranye dan merah. Dua wilayah berwarna kuning – Friuli Venezia Giulia dan Bolzano, yang keduanya berbatasan dengan Austria, sebuah negara yang dikunci sebagian karena jumlah kasus di sana.