Api Kembali Melahap Kamp Pengungsi Rohingya di Bangladesh Selatan
Foto : Ilustrasi kebakaran di kamp pengungsi Rohingya di Bangladesh selatan

Jakarta, HanTer - Kebakaran melanda sebuah kamp pengungsi Rohingya di Bangladesh selatan pada hari Minggu (9/1/2022), menghancurkan ratusan rumah, menurut pejabat dan saksi, meskipun tidak ada laporan mengenai korban jiwa ataupun luka.

Kebakaran melanda Camp 16 di Cox's Bazar, sebuah distrik perbatasan tempat lebih dari satu juta pengungsi Rohingya tinggal, dengan sebagian besar telah melarikan diri dari tindakan keras yang dipimpin militer di Myanmar pada 2017.

Mohammed Shamsud Douza, seorang pejabat pemerintah Bangladesh yang bertanggung jawab atas pengungsi, mengatakan pekerja darurat berusaha mengendalikan api. Penyebab kebakaran belum dapat dipastikan, tambahnya. 

“Api masih menjalar. Tolong doakan kami,” kata Abu Taher, seorang pengungsi Rohingya.

Sebelumnya, kobaran api lain mengoyak pusat perawatan Covid-19 untuk pengungsi di kamp pengungsi lain di distrik itu pada Minggu lalu dan tidak menimbulkan korban jiwa.

Kebakaran dahsyat Maret lalu di Balukhali di Cox's Bazar, kamp pengungsi terbesar di dunia, menewaskan sedikitnya 15 pengungsi dan membakar lebih dari 10.000 gubuk.