Lapak Asik Online Mudahkan Pencairan JHT Peserta BPJAMSOSTEK
Foto :

Jakarta, HanTer - Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat yang kini berganti nama menjadi PPKM Level 4, mendorong berbagai fasilitas pelayanan publik harus beradaptasi agar tetap memberikan pelayanan optimal kepada masyarakat.

Seperti yang dilakukan BPJAMSOSTEK Kantor Cabang Jakarta Mangga Dua, guna mendukung penerapan PPKM melakukan berbagai tranformasi layanan berupa pemberlakuan klaim online bagi peserta yang ingin mengambil dana Jaminan Hari Tua (JHT).

“Kami sangat mengedepankan kesehatan kepada peserta, makanya kami menyarankan kepada seluruh peserta klaim agar memproses melalui layanan online,” kata Kepala Kantor Cabang BPJAMSOSTEK Jakarta Mangga Dua, Yudi Amrinal, Selasa (27/7/2021).

Proses klaim JHT, dijelaskan Yudi, seluruh prosesnya tidak memerlukan kehadiran peserta di kantor cabang BPJAMSOSTEK, cukup dengan mengakses Layanan Tanpa Kontak Fisik (Lapak Asik) online. "Dengan kanal Lapak Asik peserta menjadi lebih dekat untuk proses kliam JHT," ucap yudi.

Ditambahkannya, semua berkas klaim saat ini sudah digital tidak perlu memberikan copy berkas. Semua berkas difoto dan upload ke dalam https://lapakasik.bpjsketenagakerjaan.go.id. Selanjutnya, peserta hanya menunggu jadwal video call menggunakan aplikasi Whatsapp oleh petugas customer service Officer (CSO) dari BPJAMSOSTEK.

Kendati pelayanan klaim difokuskan secara online, hingga tanggal 23 juli 2021 Kantor BPJAMSOSTEK Mangga Dua sudah membayarkan klaim sebanyak 2.790 kasus Jaminan Hari Tua (JHT) senilai Rp61 miliar.

“Program JHT ini merupakan bentuk kepastian yang nyata untuk masa depan tenaga kerja yang sudah tidak dapat bekerja lagi atau sudah masuk masa pensiun maupun perkerja yang masih dalam pencarian pekerjaan,” pungkas Yudi.

Yudi menambahkan, khusus peserta yang mengajukan klaim jaminan kecelakaan kerja (JKK), jaminan Kematian (JKM) dan Jaminan Pensiun (JP) dapat Pengajuan klaim langsung datang ke kantor, dilakukan melalui layanan melalui Layanan Tanpa Kontak Fisik (Lapak Asik) secara onsite.