Masyarakat Harus Ikut Aktif Optimalisasi Peluang Bisnis di Era Digital 
Foto : Dede Indra Permana (Anggota Komisi I DPR RI)/ ist

Jakarta, HanTer - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kementerian Kominfo) bersama Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) telah menggelar seminar online bertema Optimalisasi Peluang Bisnis di Era Digital. 

Seminar ini menghadirkan tiga pembicara, yakni Dede Indra Permana (Anggota Komisi I DPR RI), Semuel Abrijani Pangerapan, B.Sc atau Semmy (Dirjen Aplikasi Informatika (APTIKA) Kementerian Kominfo RI) dan Dr. Sofian Lusa, S.E, M.Kom, M.DISCA, CHRP, CBA, ATP, CBC (Praktisi dan Akademisi). 

Dalam paparannya Dede menyampaikan betapa pentingnya mengupas tuntas peluang-peluang bisnis apa saja yang ada di masa pandemic Covid-19 ini.  

“Banyak hal yang harus diperhatikan untuk mengoptimalisasi bisnis di era digital ini. Acara seminar ini menjadi salah satu upaya pemerintah untuk mengedukasi literasi digital dikalangan masyarakat,” katanya, Sabtu (28/8/2021).

Hal serupa diungkapkan Semmy bahwa di masa pandemi dan pesatnya teknologi telah merubah aktivitas seluruh masyarakat dalam melakukan kegiatan dan mengajak masyarakat untuk ikut serta dalam transformasi digital Indonesia.

“Sehingga Kominfo dan Siber Kreasi serta stakeholder lainnya terus berupaya mengadakan kegiatan guna mencapai tingkat literasi yang optimal,” ungkapnya. 

Sedangkan, Sofian Lusa mengatakan peluang-peluang bisnis di era digital ini harus diperhatikan dikarenakan banyak sekali bisnis yang bisa dikembangkan. 

“Akan tetapi masih banyak masyarakat yang belum mengerti cara menjalankan bisnis di era digital. Oleh karenanya, masyarakat harus mengikuti peluang pasar di era digital agar produk yang dijual tetap bisa bersaing di pasar,” katanya.