Sinar Mas Land Kembali Raih Penghargaan Internasional ASEAN Energy Awards 2021
Foto : Managing Director President Office Sinar Mas Land, Dhony Rahajoe dalam penerimaan penghargaan ASEAN Energy Awards 2021 bersama penerima penghargaan lainnya yang berasal dari negara-negara di Asia Tenggara.​

BSD City, HanTer – Sinar Mas Land melalui proyek Green Office Park (GOP) 9 kembali sukses menorehkan prestasi di kancah Asia Tenggara sebagai pemenang di ajang ASEAN Energy Awards 2021 untuk kategori Efisiensi dan Konservasi Energi dalam Bangunan Besar Hijau.

Acara penganugerahan tersebut diikuti oleh 39 properti terbaik dari 10 negara Asia Tenggara meliputi Brunei Darussalam, Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Thailand, Vietnam dan Singapura. Pemberian penghargaan ASEAN Energy Awards 2021 diselenggarakan secara virtual pada hari Rabu (15/09).

GOP-9 BSD City memperoleh ASEAN Energy Awards 2021 untuk katagori Green Building - Large Building. Penghargaan ini diumumkan secara virtual dari Brunei Darussalam pada Rabu, 15 September 2021.

Managing Director President Office Sinar Mas Land, Dhony Rahajoe mengungkapkan, “Kami sangat bersyukur dapat mengharumkan kembali nama Indonesia di ajang internasional. Ini merupakan buah dari komitmen Sinar Mas Land dalam menerapkan efisiensi dan konservasi energi pada bangunan hijau yang kami implementasikan di GOP 9. Penghargaan ini juga menjadi bukti bahwa pembangunan yang kami laksanakan sudah sesuai dengan kaidah-kaidah pelestarian lingkungan standar internasional.”

Pada kategori tersebut, Sinar Mas Land mewakili Indonesia melalui proyek GOP 9 berhasil menyisihkan finalis dari Thailand (EGAT Learning Centre, Electricity Generating Authority of Thailand) dan Filipina (Arthaland Century Pacific Tower, ARTHALAND Corporation). ASEAN Energy Awards merupakan sebuah acara penghargaan di bidang penghematan energi terkemuka di Asia Tenggara yang diselenggarakan setiap tahun oleh ASEAN Centre for Energy sejak tahun 2010. Sinar Mas Land telah berhasil mendapatkan sembilan kali penghargaan di ajang tersebut dalam berbagai kategori sejak tahun 2013.

GOP 9 merupakan sebuah gedung perkantoran seluas 8.400 m2 yang terletak di BSD Green Office Park, BSD City. Gedung ini memiliki sertifikat Platinum dari Green Building Council Indonesia (GBCI) sedangkan kawasan BSD Green Office Park sendiri merupakan distrik pertama di Indonesia yang mendapat sertifikasi Gold Green District dari Building Construction Authority (BCA).

Memiliki sertifikat Platinum dari Green Building Council Indonesia (GBCI), GOP 9 dioperasikan dengan material ramah lingkungan, fitur hemat energi, hemat penggunaan air, rendah emisi karbon, serta pengelolaan limbah terpadu.

Gedung ini dioperasikan dengan material ramah lingkungan, fitur hemat energi, hemat penggunaan air, rendah emisi karbon, serta pengelolaan limbah terpadu. Selain itu, GOP 9 juga menerapkan cross ventilation khususnya pada area lobby dan panel surya di seluruh permukaan atapnya sehingga dapat menambah penghematan energi.

GOP 9 telah meraih penghargaan dari lembaga nasional dan internasional termasuk Subroto Awards 2018 (Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral) dan FIABCI World Prix d’Excellence Awards 2019. Saat ini sejumlah perusahaan terkemuka telah berkantor di sana, di antaranya Apple Developer Academy yang merupakan institusi pendidikan digital milik Apple Inc. pertama di Asia Tenggara dan ketiga di dunia.

Penghargaan ini semakin membuktikan eksistensi Sinar Mas Land sebagai pionir green development di Indonesia. Sejumlah gedung yang berada di kawasan BSD Green Office Park telah menerima penghargaan di antaranya ASEAN Energy Awards 2013 (Sinar Mas Land Plaza), Penghargaan Energi Efisiensi Nasional 2016 (MyRepublic Plaza/GOP 6), Asia Pacific Property Awards 2021 dan FIABCI World Prix d’Excellence Awards 2021 untuk Traveloka Campus (GOP 1).

Seluruh gedung kantor tersebut juga telah mendapatkan sertifikasi Green Building dari Green Building Council Indonesia (GBCI). Implementasi pembangunan berwawasan lingkungan juga terus dilakukan perusahaan, mulai dari pengembangan hunian dan ruang usaha hingga aplikasi aspal yang terbuat dari sampah plastik di BSD City.