Pengertian, Fungsi, dan Rekomendasi Aplikasi Pembukuan Usaha Terbaik
Foto : Ilustrasi

Jakarta, HanTer - Dalam sebuah usaha bisnis, aplikasi pembukuan usaha menjadi sebuah perangkat lunak yang sangat penting dalam urusan pengelolaan keuangan. Sebagian besar pengusaha tentu tidak asing lagi dengan aplikasi ini dan diantaranya sudah mulai menggunakannya saat mengelola keuangan.

Pengertian Aplikasi Pembukuan Usaha

Aplikasi pembukuan adalah software yang dibuat oleh para profesional akuntansi. Tujuannya untuk mempermudah operasional keuangan usaha. Kehadiran aplikasi ini tentunya membuat kegiatan pembukuan semakin lebih mudah dan cepat, dibandingkan dengan pembukuan manual.

Aplikasi pembukuan hadir untuk mempermudah proses pengelolaan keuangan, baik untuk bisnis maupun individu. Aplikasi pembukuan atau akuntansi yang sederhana biasanya digunakan untuk mengatur keuangan individu yang tidak terlalu rumit.

Sedangkan aplikasi pembukuan untuk bisnis umumnya memiliki fitur yang lebih banyak, karena pengelolaan keuangan bisnis tergolong rumit. Fitur yang tersedia pada aplikasi keuangan usaha cukup beragam, dan bisa digunakan untuk menyelesaikan banyak pekerjaan keuangan sekaligus.

Fungsi Aplikasi Pembukuan Usaha

Hingga sekarang, masih banyak perusahaan dan bisnis yang menggunakan jasa konsultan keuangan untuk mengelola keuangan bisnisnya. Namun sebenarnya Anda bisa mengelola keuangan menggunakan aplikasi akuntansi keuangan yang juga sama menguntungkannya dengan penggunaan jasa konsultan keuangan.

Aplikasi pembukuan memiliki fungsi pengontrolan keuangan secara otomatis yang membuat keuangan bisnis bisa berjalan lancar, tanpa menyewa jasa eksternal. dengan aplikasi ini, pebisnis pemula, baik yang sudah maupun belum memiliki basic akuntansi bisa mengelola keuangan bisnis dengan baik.

Selain itu, aplikasi akuntansi juga berfungsi sebagai peningkat akurasi data dan sarana pengambil keputusan yang tepat. Karena sistemnya yang berjalan otomatis dan realtime, maka data yang diproses bisa lebih akurat dan minim kekeliruan.

Dari data yang akurat tersebut, maka Anda bisa dimudahkan saat ingin mengambil keputusan untuk kemajuan bisnis nantinya. Aplikasi pembukuan usaha juga menjadi pengaman data sekaligus pembuat laporan yang baik, karena telah dilengkapi fitur canggih yang mumpuni.

Rekomendasi Aplikasi Pembukuan Usaha

Berbicara tentang jenis aplikasi pembukuan untuk usaha, tentu sudah banyak jenis aplikasi yang bisa Anda temukan saat ini. Secara umum, aplikasi keuangan ini dibagi menjadi 2 jenis berdasarkan jenis pembayaran dan cara kerjanya.

Anda bisa memilih aplikasi pembukuan yang gratis atau berbayar, dan aplikasi dengan sistem online atau offline. Supaya tidak bingung memilih aplikasi pembukuan yang nanti digunakan, Anda bisa menggunakan beberapa aplikasi akuntansi berikut ini:

1. Jurnal.id

Rekomendasi pertama adalah aplikasi pembukuan usaha dari Jurnal. Jurnal.id merupakan salah satu aplikasi pembukuan yang sangat cocok dimiliki oleh berbagai macam jenis usaha. Dengan keberadaan aplikasi ini, tentunya Anda tidak perlu lagi untuk pusing melakukan proses pembukuan yang tergolong sangat rumit.

Biasanya, pembukuan usaha meliputi dengan laporan keuangan akan arus kas, rugi, laporan laba dan masih banyak yang lainnya. Tujuan dibuat aplikasi ini yaitu untuk bisa memudahkan para pelaku bisnis agar lebih mudah dalam melakukan proses pembukuan akuntansi.

Keberadaan aplikasi ini dapat melakukan seluruh kebutuhan keuangan menjadi berjalan secara otomatis. Pastinya Jurnal.id dikerjakan dengan menggunakan sistem yang sangat akurat serta dapat dilakukan dengan proses yang lebih cepat.

Seluruh pebisnis dapat mengatur pembukuan perusahaan dengan menyesuaikan kebutuhan. Pastinya, Anda bisa memperoleh perangkat lunak ini dengan cara yang mudah serta dapat mengaksesnya kapanpun dan dimanapun.

2. Cloudbooks

Rekomendasi yang kedua yaitu aplikasi Cloudbooks. Aplikasi ini merupakan sebuah perangkat lunak yang ditujukan untuk bisa mengelola pembukuan perusahaan menjadi lebih terjaga serta dapat dikelola dengan baik. Di dalam penggunaan aplikasi ini, para pebisnis bisa melakukan pelacakan transaksi baik itu pengeluaran ataupun pemasukan.

Terlebih lagi, pelaku usaha juga bisa membuat faktur dan memberikan perkiraan harga pada barang-barang yang dijual. Cloudbooks mempunyai tampilan yang sangat menarik serta diberikan kemudahan untuk bisa digunakan dengan mudah oleh para penggunannya. Hal ini menjadi salah satu keuntungan yang bisa diperoleh dari aplikasi Cloud Books.

Di samping itu, aplikasi ini juga bisa digunakan oleh berbagai jenis usaha yang ada di Indonesia. Baik itu usaha supermarket, minimarket, toko kelontong dan jenis usaha yang lainnya.

Aplikasi ini juga akan membantu Anda dalam mengelola seluruh kegiatan pembukuan dengan mengumpulkan seluruh data yang masuk ke dalam system. Hal ini pastinya akan memudahkan Anda untuk bisa mengelola perusahaan menjadi lebih optimal.

3. Harvest

Harvest telah menjadi salah satu jenis aplikasi yang mempunyai jumlah peminat yang tergolong cukup tinggi. Aplikasi ini bisa membantu pelaku bisnis dalam mengatur waktu serta pengelolaan transaksi keuangan menjadi lebih mudah. Oleh sebab itu, apabila Anda sedang membutuhkan jenis aplikasi yang menerapkan manajemen proyek.

Maka perangkat lunak yang satu ini akan sangat cocok untuk digunakan. Keberadaan aplikasi ini mampu memberikan pengaturan waktu. Hal tersebut dilakukan dengan cara selalu memantau setiap waktu yang telah dihabiskan oleh seluruh karyawan perusahaan.

Aplikasi ini sangat berguna untuk mengelola setiap kinerja yang ada di dalam sebuah perusahaan. Di samping itu, pelaku bisnis juga bisa mempermudah pekerjaan akuntan untuk mengelola laporan keuangan dan melakukan proses pengiriman faktur.

Bahkan, pelaku usaha juga bisa mendapatkan berbagai macam informasi dari berbagai sumber terpercaya. Tidak hanya itu saja, aplikasi ini juga bisa digunakan dengan cara yang lebih mudah hanya dengan menggunakan sebuah perangkat telepon.

4. NCH Express

NCH Express merupakan salah satu aplikasi luar negeri yang cukup terkenal di berbagai negara. Aplikasi ini tergolong ke dalam perangkat lunak penagih yang sangat mudah untuk dilakukan. Pebisnis bisa melakukan pelacakan setiap transaksi yang dilakukan oleh perusahaan.

Bahkan, aplikasi ini juga menyediakan pembuatan faktur yang tergolong sangat mudah serta menghasilkan data yang terperinci. Di dalam menu utamanya yaitu bisa melakukan proses pembukuan. Jenis pembukuan yang dihasilkan yakni terbilang sangat detail, mudah dipahami serta bersifat transparan.

Sehingga, aplikasi ini menjadi salah satu rekomendasi yang tepat untuk membantu pengelolaan pembukuan perusahaan menjadi lebih cepat dan efisien. Untuk bisa mendapatkan aplikasi ini juga terbilang sangat mudah untuk dilakukan.

Anda bisa melakukan proses pengunduhan dengan mengunjungi situs website resmi yang ada di dalam website. Selain itu, Anda bisa memakai aplikasi ini secara gratis. Akan tetapi, jika dirasa fitur yang digunakan terbatas, Anda juga bisa melakukan upgrade data menjadi premium.

Pasalnya, menjadi akun premium akan memberikan banyak fitur-fitur unggulan yang lebih lengkap lagi.

5. Wave

Jika Anda sedang mencari aplikasi pembukuan yang mempunyai tampilan sangat simple, Wave merupakan salah satu pilihan yang cocok untuk digunakan. Wave merupakan sebuah aplikasi pembukuan yang dirancang khusus oleh negara Amerika Serikat.

Pada saat sebelum melakukan proses pembukuan, langkah awal yang harus dilakukan yaitu dengan cara melakukan proses pendaftaran terlebih dahulu. Di dalam proses pendaftaran, tidaklah sulit untuk dilakukan. Anda hanya melakukan penginputan data pribadi serta data perusahaan secara umum.

Sehingga, hal ini tidak perlu untuk dikhawatirkan. Dengan menggunakan aplikasi Wave, Anda bisa memperoleh berbagai macam keunggulan yang sangat menyenangkan. Salah satunya yaitu hanya dengan satu akun bisa digunakan untuk segala multibisnis. Sehingga proses pembukuan tersebut tidak hanya diperuntukkan pada satu jenis bisnis saja.

Akan tetapi, berbagai jenis bisnis yang tengah dijalankan bisa juga dilakukan di dalam satu aplikasi ini. oleh sebab itu, Wave akan sangat cocok digunakan apabila Anda seorang pebisnis yang mempunyai usaha lebih dari satu.

6. MoneyWiz

Rekomendasi aplikasi yang terakhir yaitu bernama MoneyWiz. Aplikasi ini merupakan sebuah perangkat lunak yang mampu membantu setiap pelaku usaha dalam mengelola pembukuan.

Aplikasi ini mempunyai sistem kerja yang tergolong sangat baik. Di samping itu, Money Wiz juga menyediakan kualitas fungsi yang lebih detail dibandingkan dengan perangkat lunak pembukuan yang lainnya. Pastinya, aplikasi ini akan sangat cocok untuk diterapkan di dalam setiap jenis usaha.

Dengan berbagai macam kelebihan yang dimiliki aplikasi pembukuan akuntansi ini, dapat membuat para peminat dari Money Wiz selalu meningkat. Bahkan di setiap bulannya dapat terhitung hingga jutaan pebisnis yang menggunakan aplikasi ini untuk membantu pengelolaan pembukuan.

Memang sudah tidak heran lagi jika aplikasi Money Wiz mempunyai jumlah peminat yang cukup tinggi. Hal ini dikarenakan dukungan fitur serta kinerja yang diberikan sangat baik. Tentunya hal ini akan sangat berguna untuk bisa mengelola sistem kinerja didalam perusahaan menjadi lebih optimal.

Fitur-Fitur Umum dalam Aplikasi Pembukuan Usaha

Setelah Anda menjatuhkan pilihan sementara pada suatu aplikasi pembukuan, Anda perlu mengecek kelengkapan fitur sebelum menggunakannya. Aplikasi akuntansi atau pembukuan usaha yang layak pakai adalah aplikasi yang memiliki fitur lengkap mulai dari fitur-fitur dasar.

Biasanya aplikasi pembukuan yang baik telah memiliki fitur financial forecasting untuk mengontrol dan mengoptimalkan keuangan. Selanjutnya ada fitur manajemen penagihan dan faktur yang digunakan untuk mengelola berbagai jenis penagihan dan faktur.

Supaya meminimalisir terjadinya human error, Anda bisa menggunakan aplikasi yang memiliki fitur rekonsiliasi akun dan pembuat laporan keuangan otomatis. Aplikasi keuangan dengan fitur laporan keuangan bisa membantu Anda dalam menghasilkan laporan keuangan secara digital dalam berbagai versi.

Terakhir ada fitur manajemen pembelian dan penjualan, untuk mengelola transaksi dan fitur manajemen depresiasi aset untuk menghitung penyusutan aset. Jika fitur-fitur umum ini sudah tersedia, selanjutnya Anda bisa mendalami aplikasi dengan melihat kesesuaian fitur lainnya dengan kebutuhan bisnis.

Manfaat Aplikasi Pembukuan Usaha

Berdasarkan beberapa fungsi yang dimilikinya, maka aplikasi pembukuan juga bisa memberikan banyak manfaat bagi pengelolaan keuangan usaha. Beberapa manfaat dari software pembukuan adalah arus keuangan bisnis jadi lebih terkontrol, menghemat biaya operasional, dan akurasi data meningkat.

Keamanan data dan produktivitas karyawan semakin meningkat, serta pengambilan keputusan untuk kemajuan bisnis jadi lebih mudah. Keamanan data dan produktivitas karyawan semakin meningkat berkat adanya fitur pada aplikasi yang canggih dan beragam.

Nah, setelah melihat apa saja fungsi dan manfaatnya, apakah Anda tertarik untuk mulai menggunakan aplikasi pembukuan usaha? Aplikasi ini jelas bisa meningkatkan keakuratan data dan mengoptimalkan biaya operasional pembukuan, sehingga bisnis Anda bisa lebih untung.