Manfaat Software Inventaris Barang dan Rekomendasi yang Terbaiknya
Foto : Ilustrasi

Jakarta, HanTer - Software inventaris barang sepertinya sudah menjadi aplikasi yang tidak asing lagi di kalangan masyarakat, khususnya para pebisnis. Aplikasi ini hadir untuk membantu para penggiat bisnis untuk bisa mengontrol stok barang dagangan supaya lebih mudah dan efisien.

Apa Itu Software Inventaris Barang?

Mungkin bagi beberapa orang yang masih awam dengan software inventaris barang ini tentu akan bertanya-tanya terkait informasi lengkapnya. Software inventaris barang merupakan perangkat lunak yang dibuat untuk mempermudah pengelolaan stok barang di gudang penyimpanan.

Aplikasi ini umumnya digunakan pada perusahaan maupun bisnis UKM untuk menghindari terjadinya kelebihan atau kekurangan stok barang. Dengan adanya aplikasi ini, pemilik usaha bisa mengontrol stok barang di gudang kapan dan dimana saja dengan mudah.

Manfaat dari Software Inventaris Barang

Aplikasi inventaris barang mampu memberikan banyak manfaat bagi perusahaan dan bisnis UKM, khususnya dalam urusan pengelolaan stok barang. Aplikasi ini mampu menghindari terjadinya kekurangan barang (out of stock), serta meningkatkan pemasaran dan pelayanan.

Kualitas pemasaran dan pelayanan bisa semakin meningkat, karena stok barang selalu tersedia, sehingga keinginan pelanggan selalu terpenuhi. Hal tersebut tentu membuat pelanggan merasa puas dan akhirnya bisa meningkatkan pemasaran dan kepuasan pelanggan terhadap layanan Anda.

Tidak hanya bisa membantu Anda mengontrol persediaan barang di gudang, aplikasi inventaris barang juga turut memudahkan pengambilan keputusan bisnis.

Fitur-Fitur pada Software inventaris barang

Sebelum menggunakan aplikasi inventaris barang, Anda perlu mengetahui apa saja fitur-fitur utama yang tersedia. Fitur pertama adalah manajemen stok yang berfungsi untuk mengecek dan menginput stok barang di gudang.

Selanjutnya adalah fitur manajemen procurement yang berfungsi untuk memberikan notifikasi jumlah minimum stok barang supaya segera dipesan kembali. Fitur manajemen supplier juga biasanya tersedia pada aplikasi inventory untuk menyimpan data supplier yang bisa dihubungi

Berikut, fitur laporan inventory dan warehouse manajemen yang bisa mempermudah perusahaan atau bisnis UKM dalam mengenal pergerakan stok. Fitur tersebut juga bisa membantu menyimpan barang yang nantinya didistribusikan ke lokasi customer dalam waktu tertentu.

Rekomendasi Software Inventaris Barang Terbaik

Aplikasi inventaris barang sudah cukup banyak beredar dan jenisnya pun beragam, sehingga Anda perlu memilih dengan lebih teliti. Saat ini tersedia aplikasi inventory gratis/berbayar yang berbasis online/offline, sehingga pilihlah sesuai kebutuhan.

Namun jika ingin menikmati fitur aplikasi yang canggih dan lengkap, maka Anda disarankan untuk menggunakan aplikasi berbayar. Berikut 5 rekomendasi aplikasi inventaris barang yang dengan fitur lengkap yang cocok digunakan untuk mengelola stok barang bisnis Anda:.

1. Jurnal.id

Rekomendasi pertama sebagai software inventaris barang yaitu Jurnal.id. Aplikasi ini merupakan salah satu bentuk dari aplikasi sederhana yang berbasis website. Pastinya di dalam sebuah perusahaan tertentu mempunyai persediaan barang yang cukup banyak sekali.

Sehingga, jika tidak dikelola dengan baik, perusahaan akan kesulitan untuk bisa bekerja dengan optimal. Oleh sebab itu, di dalam sebuah perusahaan sangat memerlukan keberadaan aplikasi stok barang. Perangkat lunak jurnal.id menjadi salah satu aplikasi yang mempunyai jumlah peminat yang cukup tinggi.

Bahkan rating dari aplikasi ini sudah sangat memuaskan. Memang perangkat lunak yang satu ini mempunyai banyak kelebihan dalam mengelola stok barang yang ada di dalam sebuah perusahaan. Beberapa fitur unggulan yang tersedia di dalam aplikasi ini yaitu, jumlah stok, perhitungan persediaan, serta harga jual rata-rata.

Selain itu, terdapat fitur notifikasi yang dapat memberitahukan apabila terdapat barang-barang kosong yang ditunjukkan secara real time. Hal ini menjadi salah satu keunggulan yang dimiliki oleh perangkat lunak Jurnal.id.

2. Netsuite

Netsuite merupakan salah satu aplikasi yang sudah sangat terkenal di seluruh dunia. Aplikasi ini sudah cukup terkenal akan keunggulannya yang sangat beragam. Mulai dari mengelola keuangan didalam perusahaan, mengelola hubungan baik antara pekerja dengan pelanggan, untuk mengatur stok barang dan masih banyak lagi.

Aplikasi ini sangat cocok digunakan di dalam berbagai macam bentuk perusahaan. Mulai dari jenis perusahaan kecil, menengah hingga perusahaan yang sudah sangat besar sekalipun. Pastinya setiap perusahaan akan terus mengalami perkembangan untuk bisa menjadi yang lebih baik.

Sehingga, akan dibutuhkan pula software unggulan yang dapat mendukung kinerja perusahaan menjadi jauh lebih optimal.

Nah, aplikasi ini akan sangat cocok digunakan untuk bisa menunjang seluruh kegiatan operasional perusahaan dalam hal mengelola stok barang. Sistem perangkat lunak yang satu ini, sudah sangat cerdas dalam beradaptasi dengan lingkungan barunya.

3. myStock Inventory Manager

Bagi seseorang yang baru saja memulai jenis bisnis yang mempunyai persediaan gudang cukup banyak. Menggunakan mySTock Inventory Manager merupakan salah satu hal yang tepat untuk dipilih. Aplikasi ini mampu berfungsi untuk merekam seluruh informasi yang terkait dengan kegiatan inventaris di dalam sebuah perusahaan.

Terlebih lagi terdapat berbagai macam tawaran menarik yang bisa dinikmati kapanpun. Selain dapat mengelola inventaris yang ada di dalam sebuah perusahaan. Aplikasi ini juga mampu untuk mengetahui bagaimana riwayat transaksi yang telah dilakukan di dalam perusahaan tersebut secara keseluruhan.

Hal ini akan sangat membantu perusahaan guna meminimalisir adanya kesalahan pada saat melakukan proses stok barang masuk dan keluar. Pastinya setiap kegiatan inventaris barang, aka nada laporan yang mengikutinya. Nah, sekarang, Anda sudah lagi perlu untuk repot-repot memikirkannya.

Anda bisa dengan mudah menyerahkan beberapa laporan penting perusahaan. Aplikasi ini akan mampu untuk membantu Anda dalam mengelola laporan perusahaan menjadi lebih rinci .

4. EQUIP

Equip merupakan salah satu bentuk perangkat lunak yang telah berbasis website. Perangkat yang satu ini bisa membantu Anda untuk mengembangkan kinerja perusahaan menjadi lebih optimal. Hal ini ditunjukkan dengan kemampuan aplikasi yang bisa mengelola stok barang di dalam gudang.

Mulai dari barang masuk hingga barang keluar bisa terkontrol secara aman dengan menggunakan aplikasi yang satu ini. bentuk perangkat lunak Equip, sebenarnya terbilang cukup baru. Namun, aplikasi ini sudah mampu untuk membantu perusahaan dalam mengelola laporan stock opname menjadi lebih baik.

Pastinya dengan menggunakan alat ini, Anda bisa menjadi lebih mudah untuk mengontrol setiap barang yang keluar masuk gudang. Gal ini bisa memudahkan Anda untuk bisa mengetahui barang apa saja yang sering dibeli oleh pelanggan, serta barang apa saja yang sudah mulai kosong.

Anda bisa mempercayakan system tersebut kepada aplikasi perangkat lunak Equip. Pastinya, perusahaan Anda bisa berjalan lebih efektif dan efisien.

5. Delivrd

Rekomendasi lain dari software inventaris barang yaitu Delivrd. Di dalam menjalankan sebuah usaha. Pasti membutuhkan sebuah perangkat lunak yang mampu untuk mengelola barang gudang, melacak keluar masuk barang, serta mengelola stok barang dengan mudah.

Berbagai macam hal tersebut bisa ditemukan di dalam aplikasi Delivrd. Semakin canggih teknologi yang ada saat ini bisa mempermudah setiap kegiatan untuk bisa bekerja lebih optimal. Sehingga, Anda sudah lagi tidak perlu untuk mencatat serta melacak seluruh stok barang dengan cara manual.

Hal ini pastinya akan membutuhkan waktu yang sangat lama, serta membutuhkan ketelitian yang cukup mendalam. Apalagi jika perusahaan yang dijalankan merupakan sebuah distributor besar atau supplier sebuah barang. Pastinya akan banyak sekali berbagai macam barang yang keluar masuk perusahaan.

Dengan menggunakan perangkat lunak yang bernama Delivrd ini, Anda tidak lagi kerepotan untuk mengelola stok gudang. Aplikasi ini juga sudah dilengkapi dengan kemudahannya untuk bisa dilakukan di dalam perangkat telepon. Bahkan Anda bisa dengan mudah melakukan proses pengunduhan secara gratis. Sangat menarik bukan?

6. Linkz

Rekomendasi aplikasi yang terakhir yaitu bernama Linkz. Aplikasi ini merupakan salah satu solusi untuk bisa membantu Anda dalam mengelola kinerja perusahaan untuk bisa menjadi lebih baik. Perangkat lunak yang satu ini telah hadir dengan fitur menarik katalog seluler, manajemen pemasaran, serta bentuk dari inventaris barang.

Sehingga, perangkat lunak ini akan sangat membantu Anda dalam menjalankan bisnis yang sedang ditekuni. Anda bisa mengunduh aplikasi ini dengan cara mudah melalui Google Play Store secara gratis.

Keunggulan yang menonjol ada pada aplikasi ini yaitu sudah menjadi salah satu perangkat lunak yang terintegrasi dengan menggunakan sistem cloud. Sehingga, Anda tidak perlu khawatir jika suatu saat berkas yang dimiliki menjadi hilang dan sulit untuk ditemukan.

Aplikasi ini juga menyediakan fitur notifikasi yang akan memberitahukan bahwa terdapat stok kosong yang ada di dalam gudang. Dengan demikian, Anda bisa dengan lebih mudah untuk mengontrol setiap barang yang ada di dalam gudang.

Terlebih lagi, Anda bisa melakukan penjualan dengan jenis barang-barang yang belum terjual habis di dalam perangkat lunak yang satu ini. Karena di dalam software Linkz terdapat fitur katalog yang akan memudahkan pembeli untuk bisa melihat-lihat berbagai macam barang yang tersedia.

Keunggulan Software Inventaris Barang

Software inventaris barang dipilih sebagai perangkat lunak yang tepat untuk digunakan saat mengontrol ketersediaan barang karena memiliki banyak keunggulan. Aplikasi stok barang ini memiliki fitur pengaturan saldo yang membuatnya lebih mudah dalam membuat rekaman dan laporan keuangan.

Pengelola bisnis juga bisa menghemat biaya operasional, dan laporan yang dihasilkan lebih akurat, karena sistemnya berjalan secara realtime. Pengelolaan stok barang di gudang juga jadi lebih efektif, sehingga bisa menghemat waktu dan memungkinkan Anda/karyawan mengerjakan urusan lainnya.

Tips Memilih Software Inventaris Barang

Saat memilih aplikasi inventaris barang, Anda perlu memilih aplikasi yang disediakan oleh pihak terpercaya dan telah banyak digunakan. Kemudian perhatikan juga bagaimana kemudahan akses dan tampilan dari aplikasi yang dipilih, supaya lebih mudah digunakan.

Anda bisa memilih aplikasi yang tampilan dan cara kerjanya user friendly, sehingga bisa digunakan dengan mudah oleh pemula sekalipun. Kemudian, cek juga integrasi dan kemampuannya dalam menyajikan laporan dengan baik.

Perhatikan, apakah aplikasi yang dipilih bisa mendukung penggunaan pada beberapa lokasi sekaligus atau tidak, supaya bisa menghemat biaya. Hal terakhir yang juga harus dipertimbangkan saat akan memilih aplikasi inventory adalah kelengkapan dan kecanggihan fitur serta biayanya.

Anda direkomendasikan untuk menggunakan software inventaris barang untuk memenuhi kebutuhan dan memuaskan pelanggan, yang nantinya dapat memberikan keuntungan. Daripada melakukan pengontrolan stok barang secara manual, Anda bisa menggunakan aplikasi ini untuk mempermudah kegiatan tersebut.