Perlukah Koperasi Menggunakan Aplikasi Akuntansi untuk Proses Pembukuannya?
Foto :

Perkembangan teknologi memiliki pengaruh ke seluruh sektor kehidupan, termasuk koperasi. Inovasi teknologi terbaru yang bermanfaat untuk kegiatan koperasi yaitu adanya aplikasi akuntansi koperasi. Dengan adanya aplikasi tersebut, maka akan membantu proses kinerja dari sebuah koperasi.

Aplikasi tersebut mempunyai beberapa fungsi yang dapat mengatasi kegiatan akuntansi koperasi. Dilansir dari situs Jurnal.id pada halaman situsnya mengenai aplikasi akuntansi di https://www.jurnal.id/id/fitur/aplikasi-akuntansi/, apa saja fungsi-fungsi aplikasi untuk akuntansi tersebut? Simak ulasannya berikut ini.

Fungsi Aplikasi akuntansi Koperasi

Jika sebuah koperasi menggunakan aplikasi ini, maka tidak akan rugi karena bisa membantu segala proses kebutuhan akuntansi untuk menjadi lebih mudah, efisien, dan akurat. Nah, jika Anda penasaran apa saja fungsi-fungsinya, yuk langsung simak saja ulasannya di bawah ini.

1. Pencatatan Transaksi

Fungsi aplikasi akuntansi koperasi yang pertama yaitu sebagai pencatat transaksi. Koperasi yang baik adalah koperasi yang mempunyai catatan transaksi yang detail. Mengapa demikian? Hal ini karena data transaksi tersebut sangat penting untuk dijadikan laporan keuangan.
Nah, dengan menggunakan aplikasi ini, maka pencatatan transaksi koperasi bisa dilakukan secara otomatis. Contoh transaksi yang biasa dilakukan yaitu transaksi penjualan, pembelian, bahkan transaksi donasi koperasi. Selain bisa tercatat secara otomatis dengan baik, Anda juga tidak perlu khawatir data hilang karena sudah tersedia back up atau cadangan data.

2. Menyusun Laporan Keuangan

Selain berfungsi untuk pencatatan transaksi, aplikasi akuntansi koperasi juga berfungsi untuk menyusun laporan keuangan. Proses menyusun laporan keuangan adalah pekerjaan yang rumit karena membutuhkan ketelitian dan kejelian agar mendapatkan hasil yang akurat.
Namun, jika Anda  menggunakan aplikasi akuntansi, maka proses membuat laporan keuangan tidak menjadi rumit karena semua data transaksi sudah tercatat. Dengan demikian, pembukuan koperasi serba usaha menjadi lebih mudah dan cepat.

3. Mengatur Dana Pinjaman Anggota Koperasi

Dalam sebuah koperasi, memang tidak jarang terdapat anggota yang melakukan pinjaman. Oleh karena itu, mengatur dana pinjaman untuk anggota akan menjadi lumayan rumit jika menggunakan cara manual.
Namun, jika Anda menggunakan aplikasi ini, maka akan memudahkan koperasi dalam mengatur dana pinjaman anggota. Tidak hanya mudah, fitur ini juga meminimalisir terjadinya kesalahan dalam pencatatan pinjaman.

4. Mengatur Sisa Hasil Usaha Koperasi

Sisa Hasil Usaha (SHU) dalam suatu koperasi adalah pendapatan dari koperasi tersebut. Nilai atau besaran dari SHU yaitu pendapatan dari satu tahun buku koperasi yang dikurangi dengan jumlah biaya, penyusutan, dan kewajiban yang lain.

Dengan menggunakan aplikasi akuntansi koperasi, maka menghitung sisa hasil usaha SHU menjadi lebih mudah. Menghitung hasil SHU menjadi lebih mudah karena dilakukan dengan sistem aplikasi yang memberikan perhitungan akurat.

5. Mencatat Pengeluaran Transaksi

Setiap transaksi yang dilakukan dalam koperasi sangat penting untuk membuat laporan, contoh analisis laporan keuangan. Dengan menggunakan aplikasi ini, maka pencatatan pengeluaran transaksi tidak perlu Anda lakukan secara manual. Hal ini karena aplikasi tersebut secara otomatis akan mencatat dan membukukan semua transaksi, sehingga memudahkan pekerjaan.

6.    Adanya Chart of Account

Chart of account yang merupakan daftar dari semua kode akun yang disajikan dalam buku besar umum juga merupakan salah satu fitur yang terdapat di dalam aplikasi akuntansi.
Chart of account disediakan agar daftar transaksi dan laporan keuangan lebih sistematis. Mengingat transaksi dalam koperasi bisa terjadi puluhan kali. Chart of account dalam aplikasi akuntansi bisa diakses dengan mudah.

7.    Rekonsiliasi Bank

Proses rekonsiliasi bank diperlukan untuk mengetahui apakah informasi catatan kas dan bank sesuai atau tidak. Biasanya proses ini terdapat catatan manual dalam koperasi. Tetapi dengan aplikasi akuntansi, rekonsiliasi bank bisa dilakukan secara otomatis.

Fungsi-fungsi di atas dapat membantu koperasi serba usaha berjalan dengan lancar. Aplikasi akuntansi sudah banyak digunakan oleh bisnis. Koperasi serba usaha juga merupakan salah satu bagian yang bisa menggunakan aplikasi akuntansi.

Rekomendasi Aplikasi akuntansi Koperasi Terbaik

Nah, setelah mengetahui manfaat aplikasi akuntansi koperasi di atas, berikut rekomendasi aplikasi akuntansi untuk koperasi dan jenis usaha lainnya yang bisa Anda coba.
Jurnal merupakan aplikasi akuntansi terbaik dengan banyak kelebihan dan manfaat untuk kelancaran koperasi dan bisnis lainnya.  Dengan menggunakan aplikasi ini, maka Anda bisa mengontrol banyak cabang koperasi tanpa harus mondar-mandir.

Semua data juga terpusat secara online & realtime dan tergabung menjadi data, tanpa rekap ulang, anti molor dan pasti klop. Data-data yang tercatat ke dalam aplikasi yaitu seperti data kas, stok, pembelian, penjualan, hutang piutang, serta pengeluaran biaya-biaya lainnya.

Karena semua cabang koperasi serba usaha bisa terkontrol dari kantor pusat menggunakan aplikasi ini, maka Anda bisa mengecek limit hutang, anggaran biaya, dan lain sebagainya secara online.
Menggunakan aplikasi akuntansi koperasi ini juga membuat koperasi aman dan siap untuk melakukan audit. Hal ini karena bukti transaksi dapat Anda lampirkan di Jurnal. Contoh bukti transaksi yang bisa dilampirkan yaitu surat jalan, invoice, nota, faktur pajak, pembayaran mesin, parkir, dan lain sebagainya.

Selain itu, Anda bisa kontrol koperasi kapanpun dan dimanapun karena sudah tersedia aplikasi Jurnal Dashboard di Playstore. Dengan aplikasi tersebut, Anda bisa mengecek omset 1 jam terakhir, laba rugi hari ini, piutang atau pinjaman yang sudah jatuh tempo, hingga saldo kas. Dengan demikian, Anda bisa lebih hemat waktu karena tidak perlu telepon kanan-kiri dan nunggu lama.

Selain itu, Jurnal juga merupakan aplikasi akuntansi terbaik berbasis cloud computing, sehingga data yang ada akan tersimpan dengan baik. Proses akuntansi juga dapat Anda lakukan dengan aman, cepat dan mudah. Selain itu, Jurnal memiliki banyak fitur didalamnya seperti:

●    Fitur pembelian di mana didalamnya terdapat fitur purchase order dan invoice dengan rinci dan lengkap.
●    Pembuatan faktur dan perhitungan pajak otomatis.
●    Cash link.
●    Pembuatan laporan keuangan dan masih banyak lagi fitur lainnya.
●    Manajemen Stok

Dengan menggunakan Jurnal, Anda juga dapat mengakses data secara realtime, kapan pun dan di mana pun. Nikmati kesempatan free trial selama 14 hari. Baiklah, sekian penjelasan tentang manfaat dan rekomendasi aplikasi akuntansi terbaik yang dapat memudahkan segala pekerjaan akuntansi.