Lewat Konekto, Ralali.com Berikan Fasilitas Berbisnis untuk Kaum Disabilitas
Foto : Dukungan Rarali.com melalui Konekto bagi pelaku UMKM dan disabilitas. (Ist)

Jakarta, HanTer - Platform marketplace, Ralali.com, memberikan dukungan ekosistem komunitas melalui Konekto, sebuah aplikasi platform yang didesain ramah untuk para kaum disabilitas.

Sejalan dengan itu, pada  Sabtu (27/11) dilakukan penandatanganan Pokok Perjanjian Kerjasama (Signing Ceremonial) antara Ralali.com dengan Mitra Enabler Surakarta yang disaksikan langsung oleh Gibran Rakabuming selaku Walikota Surakarta.

Dalam kerjasama ini, Ralali.com bersinergi untuk melakukan empowerment serta meningkatkan kesejahteraan melalui transformasi digital bagi UKM (Usaha Kecil Menengah) dan IKM (Industri Kecil Menengah) Surakarta sekaligus memberikan pengetahuan mengenai kemudahan berbisnis melalui aplikasi Konekto.

Pada kesempatan yang sama, Adi Gunawan, seorang Difabel Tuna Netra (Founder & Director Adi Gunawan Institute) melakukan demo langsung menunjukkan kemudahan membuat digital storefront melalui aplikasi Konekto. Dengan digital storefront ini, pelaku usaha dapat menggunakan etalase toko online tersebut untuk mengembangkan bisnisnya.

“Kebanyakan orang berpendapat bahwa kaum disabilitas atau difabel memiliki keterbatasan sehingga menghambat kami untuk dapat produktif. Seiring dengan perkembangan teknologi, dengan memiliki fungsi yang semakin mudah untuk digunakan, tentunya membuat kami terus produktif dan berkarya dalam kesetaraan” ungkap Adi Gunawan saat mendemonstrasikan aplikasi Konekto.

Para pelaku usaha dapat meluncurkan bisnisnya dengan tata cara atau pengaturan  informasi usaha hanya dengan tiga langkah di aplikasi Konekto, yaitu memasukkan informasi umum, mengupload foto banner dan logo, serta menambahkan channel usaha. Dengan tiga langkah tersebut, impian untuk memulai bisnis digital dapat terwujud.

“Konekto hadir untuk menjadi jawaban bagi seluruh pelaku usaha dalam menemukan solusi berbisnis. Berbagai kemudahan kami tawarkan sehingga impian berbisnis digital menjadi nyata. Konekto berikan fitur unggulan yang ramah dan mudah digunakan oleh seluruh kalangan termasuk kaum disabilitas. Ini merupakan salah satu bentuk kepedulian sosial yang dapat kami lakukan untuk bersama-sama menyukseskan bisnis para pelaku UMKM Indonesia” jelas Joseph Aditya selaku CEO dari Ralali.com

Sejatinya trend Marketplace di Indonesia saat ini adalah eCommerce B2C (Business-to-Consumer) dan C2C (Consumer-to-Consumer), tetapi Ralali.com justru memilih bisnis model yang berbeda di Indonesia yakni B2B (Business to Business). Cara itu digunakan Ralali.com agar tetap bisa bertahan di tengah persaingan.

Marketplace yang didirikan sejak tahun 2013 ini memang selalu berfokus pada segmen B2B. Sehingga semua channel berfokus pada user supplier, dan pelaku bisnis. Kini Ralali.com telah memilki lebih dari 1,5 juta user register, lebih dari 22.000 Vendors, 500 ribu produk dan lebih dari 5 juta visitors setiap bulannya dari seluruh Indonesia. (Arbi)