Pilih Mana Investasi Rumah, Apartemen atau Tanah?
Foto : Ilustrasi (ist)

Jakarta, HanTer - Properti sejak lama dijadikan salah satu instrumen investasi, jika dibandingkan dengan investasi deposito ataupun emas, properti dianggap lebih menguntungkan dan minim akan resiko.

Namun tentunya menjalankan investasi properti tidak semudah yang dibayangkan, ada banyak yang harus dipelajari, termasuk pintar memilih jenis properti. Hal ini sangat penting, karena setiap jenis properti memiliki karakteristik yang berbeda dengan segmen pasar yang berbeda pula.        

Nah, bagi Anda yang ingin mencoba investasi properti, berikut ini adalah beberapa karakteristik dari jenis investasi yang perlu Anda ketahui:  

Investasi Rumah

Menurut Ali Tranghanda, pengamat propeti dari Indonesia Property Watch, rumah merupakan jenis properti yang paling populer di Indonesia, hal ini disebabkan karena masyarakat di Indonesia lebih tertarik untuk tinggal di rumah dari pada hunian vertikal.

Ali mengatakan, karena rumah merupakan hunian yang populer, tak heran jenis properti ini lebih mudah untuk dijual dan memiliki nilai investasi yang cukup menggiurkan. Walaupun memiliki banyak kelebihan ternyata rumah juga memiliki kekurangan, salah satunya karena harganya yang relatif lebih mahal, selain itu Anda pun harus mengeluarkan dana lebih untuk perawatan jika Anda berniat untuk menyewakannya.

Investasi Apartemen

Bagi mereka para profesional muda, saat ini tinggal atau sewa apartemen telah menjadi tren. Hal ini disebabkan karena biasanya apartemen di bangun dipusat kota sehingga dapat memudahkan penghuninya untuk beraktifitas, tidak hanya itu apartemen juga dilengkapi dengan beragam fasilitas yang lengkap sehingga dapat memanjakan penghuninya.

Biasanya bagi mereka investor apartemen, mereka mengincar keuntungan dari sewa apartemen, mereka menyewakan unit apartemen kepada para pekerja atau mahasiswa. Harga sewa apartemen juga biasanya banderol lebih mahal jika dibandingkan dengan sewa rumah.  

Investasi apartemen juga memiliki kekurangan, salah satunya adalah ukurannya unitnya yang kecil, hal ini tentu akan bermasalah bagi mereka penyewa atau pembeli apartemen yang telah memiliki keluarga.

Investasi Tanah

Bagi mereka yang ingin investasi tanah, jeni properti ini pun memiliki karakteristik yang unik, yakni sifatnya yang fleksibel. Keuntungan yang didapatkan dari tanah adalah dapat disewakan untuk berbagai kebutuhan seperti untuk ruko, lahan parkir hingga untuk sawah atau berkebun.

Selain itu, keunggulan investasi tanah adalah minim biaya perawatan, jika dibandingkan dengan investasi sewa apartemen ataupun rumah, untuk sewa tanah kavling Anda tidak perlu mengeluarkan biaya perawatan.      

Sama seperti jenis properti lainnya, tanah kavling juga memiliki kekurangan yakni Anda harus menemukan jenis tanah ataupun bentuk yang sesuai. Sebaiknya Anda jangan membeli tanah memiliki bentuk yang tidak rata atau miring karena kebanyakan orang lebih menyukai bentuk kavling tanah persegi. tanah, kebanyakan orang lebih suka menyewa tanah menghadap ke selatan atau utara bisa mendapati sinar matahari.