Terapkan Hyper Innovation, Inilah Indonesian Idol Spesial Season

Romi
Terapkan Hyper Innovation, Inilah Indonesian Idol Spesial Season
Ilustrasi

Jakarta, HanTer – Hingga kini RCTI tak pernah berhenti menelurkan jawara-jawara baru dibidang tarik suara. Buktinya, sukses Idol X (sepuluh) yang melahirkan idola baru di Indonesia  lewat prestasi di kancah musik Indonesia.

Sebut saja Lyodra pemenang Dahsyatnya Awards dan Tiara yang meraih Dahsyatnya Awards dan Silet Awards. Oleh karenanya, RCTI kembali akan melakukan pencarian Idola lewat Indonesian Idol Special Season (Season11). 

Melalui perjalanan Ari Lasso, Maia Estianty Judika, Rossa dan Anang Hermansyah mencari bibit-bibit baru di dunia olah vokal ini dapat disaksikan di layar kaca RCTI mulai 16 November 2020, setiap Senin dan Selasa pukul 21.00 WIB. 

Bersama Fremantle, RCTI telah menggelar audisi secara online melalui beberapa platform  digital. Online audition diadakan dengan berkolaborasi  menggandeng beberapa musisi untuk berkolaborasi dalam pencarian calon idola. Mereka itu, antara lain, LaleIlman Nino, Yovie Widianto dan Weird Genius. 

Untuk mengetahui apa yang istimewa dari Indonesian Idol Special Season, berikut petikan wawancara Managing Director RCTI dan Production Director 3TV, Noersing di Jakarta, Rabu (11/11/2020):

Apa yang membedakan dan spesial dari Indonesian Idol Special Season dengan season-season sebelumnya? 

Dalam situasi pandemi Covid 19 ini, interaksi fisik tentu nya secara terbatas dan dibatasi. Apalagi sebagaimana kita ketahui bahwa para peminat (kontestan) Indonesian Idol adalah dari seluruh Indonesia, di mana biasanya RCTI yang hadir ke berbagai kota tersebut (yaitu historikal di 17 kota dari Barat sampai dengan Timur wilayah Indonesia) dengan melakukan Big Audition di kota-kota besar tersebut. 

Indonesian Idol Special Season kali ini, RCTI hadir secara digital dengan menggunakan platform-platform digital RCTI+, Instagram dan Facebook dengan melakukan Online Audition. Ternyata, peminatnya sangat luar biasa dan mencapai mencatat rekor peminat sebanyak lebih dari 37.000. Indonesian Idol dan RCTI tentunya sangat bahagia dan bangga karena dapat memfasilitasi impian-impian dari bakat-bakat di seluruh Indonesia untuk calon Idola baru. 

Seperti apa treatment yang dilakukan oleh team produksi?

Karena adanya pembatasan fisik, kami melakukan penyesuaian-penyesuaian. Contohnya, meja juri yang kami pisah dengan sekat transparans. Kontestan, juri, host dan crew semua kita swab test dari awal dan dilanjutkan kontinyu secara berkala. Di samping tentunya kontestan dikarantina di beberapa dedicated hotel dengan penerapan protokol kesehatan yang sangat ketat. 

Selain itu, para juri dan host sangat komit untuk melakukan audisi dalam jumlah kontestan yang lebih sedikit per hari nya, yang tentunya menyebabkan jadwal jadi lebih panjang. Hal ini semakin membawa keuntungan lain seiring dengan penerapan protokol kesehatan yang sangat ketat, yaitu kualitas justeru akan akan konsisten semakin tejaga. 

Bagaimana menjaga kualitas para kontestan untuk menjadi Idola Indonesia selanjutnya? 

‘Winning formation of best judges’ dan dilengkapi dengan Vocal Coach, Vocal Director, Coreographer, Music Director, Public Speaking Coach, dan juga psikolog. 

Bagaimana strategi RCTI menjadikan Indonesian Idol tetap menjadi ajang pencarian bakat nomer 1? 

Team produksi dan programming selalu melakukan dan menerapkan ‘hyper innovation’ dari season satu ke season berikut nya dalam seluruh aspek. Antara lain, pemilihan The Winning Formation of Best Judges, dan juga melakukan penyegaran formasi misalnya dengan masuknya Rossa sebagai Juri (yang merupakan The Most Followed Indonesian Pop Female Artist) dan Boy William sebagai Host (yang merupakan prominent content creator). 

Mendapatkan para kontestan terbaik sehingga layak di sebut sebagai Idola Indonesia. 
Dan juga diadakan di Studio RCTI+ yang merupakan studio tercanggih di Asia dengan tata panggung dan treatment-treatment yang canggih dan inovatif. 

Harapan pelaksanaan Indonesian Idol kali ini? 

Harapannya semua berjalan dengan lancar, semua sehat, dan sukses tentu nya. Sukses dalam artian dinanti-nantikan secara luar biasa oleh para penonton di seluruh Indonesia sebagai saksi lahirnya Idola baru Indonesia. 

Demikian wawancara dengan Noersing  Managing Director RCTI dan Production Director 3TV,  terkait Indonesian Idol Special Season. Jangan lewatkan Indonesian Idol yang mulai tayang di layar kaca RCTI mulai 16 November 2020, setiap Senin dan Selasa pukul 21.00.