Telkom University Masuk Peringkat Perguruan Terbaik Indonesia

Safari
Telkom University Masuk Peringkat Perguruan Terbaik Indonesia

Jakarta, HanTer - Telkom University menjadi Perguruan Tinggi Swasta (PTS) terbaik di Indonesia versi Kemenristekdikti pada tahun 2019 lalu. Bahkan Telkom University masuk ke dalam jajaran 10 perguruan tinggi terbaik di Indonesia versi The Higher Education di tahun 2021.

Dari pemeringkatan THE, Telkom University berhasil mendapatkan poin tertinggi untuk indikator citation atau kutipan. Sementara dari Kemenristekdikti berhasil unggul dari akreditasi prodi. Sebesar 70% Prodi yang ada di Telkom University sudah terakreditasi A dan 50% di antaranya terakreditasi secara internasional.

Tak hanya itu, Telkom University juga berhasil mendapatkan prestasi lainnya seperti dari Widya Padhi sebagai perguruan tinggi terbaik di bidang inovasi. Telkom University juga meraih predikat sebagai kampus terhijau dari pemeringkatan yang dilakukan oleh UI Green Metric.

Pada Juli 2020 lalu, Telkom University juga menduduki peringkat pertama sebagai PTS terbaik di Indonesia versi Webometrics. Sistem ini melakukan penilaian terhadap semua universitas terbaik yang ada di dunia melalui website.

Terdapat 4 komponen yang dinilai oleh Webometrics ini yaitu Presence, Visibility, Transparency (Openness), dan Excellence (Scholar). Presence dinilai berdasarkan ukuran atau jumlah halaman dari domain web utama institusi dengan bobot 5%. Komponen visibility dinilai berdasarkan jumlah jaringan eksternal yang terhubung ke halaman website institusi yang memiliki bobot penilaian 50%.

Komponen Transparency dinilai berdasarkan jumlah kutipan dari 110 author teratas dengan bobot penilaian sebesar 10%. Sementara untuk komponen Excellence dinilai berdasarkan jumlah makalah yang banyak dikutip selama 5 tahun dengan bobot 10%.

Pada Januari 2020 lalu, Telkom University berada di urutan 2.405 dunia. Tapi pada Juli 2020, Telkom University berada di urutan 1.435 dunia dan di peringkat 5 di Indonesia.  Hal itu juga disampaikan langsung oleh Prof. Dr. Adiwijaya selaku rektor dari Telkom University.

"Selain itu Kemenristek, Telkom University juga menjadi PTS no 1 di Indonesia versi Webometrics dan berhasil mendapatkan QStar 2020 bintang 5 untuk kategori Online Learning,” ujar Prof. Dr. Adiwijaya di Jakarta, Senin (23/11/2020).

Prof. Dr. Adiwijaya memaparkan, dengan segala pencapaiannya, tentu saja itu merupakan sebuah komitmen dari Telkom University untuk memberikan mutu pendidikan yang baik. Karena mereka ingin menghasilkan generasi emas yang berkualitas dan sesuai dengan visi bangsa Indonesia.

"Dengan segala prestasi yang diraih, Telkom University tentu saja bisa menjadi bahan acuan untuk mahasiswa baru. Karena sebagian besar dari mereka tentu saja ingin mengenyam pendidikan di kampus terbaik," pungkasnya.