Ali Mahsun Atmo, Sosok Dokter Bercita-Cita Pelaku Ekonomi Rakyat Berjaya di Negeri Sendiri

Alee
Ali Mahsun Atmo, Sosok Dokter Bercita-Cita Pelaku Ekonomi Rakyat Berjaya di Negeri Sendiri

Jakarta, HanTer - Keberpihakannya terhadap rakyat kecil atau kawulo alit sudah tak diragukan lagi. Hampir di setiap kesempatan dr. Ali Mahsun Atmo, M.Biomed atau dikenal dengan AMSA GESENG, terus lakukan pembelaan, membina, membantu, dan pendampingan terhadap petani, nelayan, pedagang, pengrajin, ojek, sopir, becak, pemulung, home industri, pengrajin, dan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) lainnya.

 

Presiden Gumregah Bakti Nusantara (GBN) ini terbilang langka adanya. Sosok dokter ahli kekebalan tubuh namun miliki cita-cita pelaku ekonomi rakyat BERJAYA DI NEGERI SENDIRI. Itulah sebabnya dr. Ali alias AMSA Geseng terus menerus mengupayakan solusi cerdas agar usaha pelaku ekonomi rakyat (UMKM) maju, berkembang dan unggul, dapat berusaha dengan tenang sehingga kehidupan mereka sejahtera berkeadilan atau terbebas dari kemiskinan.

 

“Saya sedih dan tidak bisa tidur jika melihat pedagang kecil hidup dirundung kemiskinan dinegeri penggalan surga ini. Usaha mereka tidak berkembang, kerap diusir dan digusur petugas. Juga yang teralami pelaku ekonomi rakyat lainnya. Lebih dari itu, rekan-rekan para pelaku UMKM saat ini alami dampak terawal dan terburuk dari keterpurukan ekonomi akibat pandemi corona. Mereka sulit berusaha, butuhkan uluran tangan pendampingan dari berbagai pihak untuk dongkrak usaha dan kesejahteraannya,” ujar Ketua Umum DPP APKLI yang juga Founder Yayasan Palapa7 Nusantara ini.

 

Padahal, lanjut Ali Mahsun,l UMKM berjumlah 64 juta adalah kelompok pelaku ekonomi terbesar dalam perekonomian Indonesia dan terbukti jadi katup pengaman bahkan pahlawan perekonomian nasional pada krisis 1997/1998. Dan mereka itu adalah dinamisator dan penentu negeri ini mampu keluar dari resesi ekonomi akibat krisis kesehatan, atau sebaliknya alami kebangkrutan total” ujar Ketua Umum DPP APKLI yang juga Founder Yayasan Palapa7 Nusantara ini.

 

Itulah sebabnya, pada 27 Oktober 2020 di Gedung Joeang 45 Jakarta dr Ali alias AMSA Geseng meluncurkan Program Mercusuar Ekonomi Rakyat sebagai jalan genuine untuk membangkitkan dan memberdayakan UMKM ditengah keterpurukan dan resesi ekonomi di negeri ini. Bersama jajaran GBN, APKLI dan Yayasan Palapa7 Nusantara diseluruh Indonesia, serta pathner stragis dalam mau pun luar negeri, diyakininya sebagai titik tolak kebangkitan, kemandirian dan kedaulatan ekonomi rakyat, bangsa, dan negeri ini terengkuh kembali.

 

Program

 

Program itu antara lain, pertama, memajukan ekonomi rakyat dirumah penduduk dan Kawasan berupa Warung Kelontong/Kuliner Gumregah, Sentra Layanan Gumregah, Air Sehat Gumregah, dan Motor Toko – MoKo Gumregah. Kedua, memajukan ekonomi rakyat sektor hulu berbasis pertanian, perkebunan, perikanan, home industri/pengrajin semisal Pertanian Rakyat Gumregah dan Industri Olahan Gumregah. Ketiga, perluas dan permudah akses permodalan, lahan usaha dan perumahan bagi pelaku ekonomi rakyat kecil semisal Perumahan Rakyat Gumregah dan Lembaga Keuangan Rakyat Gumregah.

 

Sejumlah kalangan menyebut, dr Ali Mahsun Atmo memang ahlinya soal urusan ekonomi rakyat kecil. Soalnya sudah puluhan tahun dokter ahli kekebalan tubuh ini bergelut dengan dunia itu. Tak heran jika ‘Dokter Mantan Penjual Krupuk’ ini terus keliling dan  blusukan ke daerah diseluruh Indonesia untuk melihat langsung kondisi pelaku ekonomi rakyat kecil dengan sesungguhnya. Dan per Januari 2021 memimpin AMSA GESENG Nusantara Tour ke seluruh penjuru tanah air dan ke luar negeri untuk memasifkan pendampingan pelaku ekonomi rakyat kecil dari hulu hingga hilir.

 

Dia juga kerap blusukan ke terminal, pasar tradisional, warung-warung kopi dan warung-warung kecil berdialog dengan pedagang soal kesulitan dan keluhan mereka selama berusaha. Juga blusukan ke TPI (Tempat Pelelangan Ikan), Kawasan pertanian, home industri/pengrajin. Bahkan tidak jarang berdialog dengan pemulung, abang ojek, sopir dan becak.

 

“Saya berdialog dengan mereka untuk mengetahui kondisi sebenarnya. Apa yang mereka keluhkan, modal? penggusuran? atau lainnya. Dengan demikian saya bersama teman-teman bisa mencarikan solusi. Lalu keluhan pedagang dan pelaku ekonomi rakyat lainnya itu serta solusi yang kami buat disampaikan ke pemerintah pusat dan pemda supaya ada jalan keluar. Juga disampaikan ke para pihak lainnya,” papar Lelaki sederhana putra asli Mojokerto Jatim.

 

Selain menyampaikan berbagai keluhan para pelaku ekonomi rakyat kecil, dr Ali juga terus menerus merangkul dan mengajak para tokoh nasional untuk peduli dengan UMKM. Tak lupa dia mengajak tokoh-tokoh muda/milenial untuk mempercepat dan menyolidkan rakyat kecil yang intinya agar mereka terbebas dari keterpurukan dan kemiskinan, dan hidupnya sejahtera berkeadilan.

 

Hingga saat ini sudah ratusan tokoh ditemuinya dan diajaknya bergabung. Belum lama ini dr Ali Mahsun melakukan pertemuan khusus dengan tokoh bangsa Sulawesi Selatan, Faisal Mamma untuk percepatan memasifkan dan mesolidkan rakyat kecil (kawulo alit), pelaku ekonomi rakyat dan generasi milenial diseluruh wilayah Pulau Sulawesi dan Kalimantan.

 

“Keliling daerah ke seluruh tanah air, serta pertemuan demi pertemuan dengan berbagai kalangan baik tokoh nasional, generasi milenial penerus bangsa, juga para pemangku kepentingan yang lain tidak ada hal lain kecuali untuk bersama dan bersatu menegakan kembali sebuah keadilan dan kesejahteraan, dan menggapai kembali kejayaan nusantara yang adil makmur dan adidaya,” kata dr Ali Mahsun Atmo dibilangan Cilandak Jakarta Selatan, Senin (4/1/2021).

 

“Alhamdulillah banyak hal yang terbahas untuk memasifkan dan mensolidkan percepatan realisasi Agenda Mercusuar GBN diwilayah Pulau Sulawesi dan Kalimantan. Dalam waktu dekat, insya-Allah AMSA Geseng Nusantara Tour 2021 hadir di 11 Provinsi dikedua pulau tersebut. Di Provinsi Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Gorontalo, Sulawesi Tenggara & Sulawesi Utara di pulau Sulawesi. Dan di Provinsi Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah. Juga hadir di 23 Provinsi lain dan di luar negeri. InsyaAllah kejaizan Tuhan YME Gusti Alloh SWT selalu menyertai dan meng-ijabahkan Aamin YRA,” papar dr Ali.

 

Sebelumnya dr Ali juga sudah bertemu dan berdiskusi soal pemberdayaan ekonomi rakyat dengan tokoh-tokoh Ambon, Papua, Gorontalo, Jawa Barat, Banten, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatra, dan daerah lainnya.

 

“Kita harus bersama dan bersatu untuk membangkitkan ekonomi rakyat kecil, juga bersama dan bersatu mengatasi keterpurukan dan kemiskinan yang mereka derita. Kita mampu asal mau!!!,” tegas dr Ali Mahsun Atmo alias AMSA GESENG.

#Alimahsun   #dokter   #umkm   #ekonomi