Resmi, Sekolah Tatap Muka Ditetapkan Mulai Juli Tahun Ini

yp
Resmi, Sekolah Tatap Muka Ditetapkan Mulai Juli Tahun Ini
Ilustrasi/foto: pixabay

JAKARTA - Pemerintah resmi memutuskan pembelajaran tatap muka akan dilakukan mulai Juli tahun ini. 

Keputusan dibuat seiring keluarnya Surat Keputusan Bersama (SKB) Empat Menteri tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Surat itu ditandatangani Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem A Makarim, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, dan Menteri Kesehatan Budi G Sadikin. 

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Menko PMK, Muhadjir Effendy mengatakan dengan diselenggarakannya pembelajaran tatap muka, anak-anak peserta didik diharapkan bisa memperoleh layanan pendidikan yang lebih optimal.

“Melalui SKB ini kita harapkan anak-anak bisa terpenuhi hak-haknya dalam memperoleh pendidikan. Kita harus akui PJJ selama ini tidak dapat disamakan dengan pembelajaran tatap muka," kata Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy, Selasa (30/3/2021). 

Menurutnya, peran Satgas Covid-19 di tingkat satuan pendidikan sangat krusial. Namun yang paling penting adalah peran aktif semua pihak untuk menanamkan disiplin protokol kesehatan mulai dari rumah hingga sekolah.

Sejauh ini, pemerintah telah menjalankan program vaksinasi Covid-19 sejak awal tahun.  "Vaksinasi Covid-19 terhadap para pendidik dan tenaga kependidikan ini dalam rangka mendukung akselerasi pembelajaran tatap muka secara terbatas. Kita harapkan pada tahun ajaran baru di Juli 2021 seluruh satuan pendidikan sudah dapat menyediakan layanan pembelajaran tatap muka secara terbatas," katanya. (*/yp)