Tips Cerdas Bikin Rumah Rapi Sepanjang Hari

Safari
Tips Cerdas Bikin Rumah Rapi Sepanjang Hari
Menata ruang tamu terlihat nyaman dan indah

Jakarta, HanTer - Membuat rumah tertata rapi merupakan tanggung jawab yang cukup mustahil apalagi jika melakukannya setiap hari. Sehingga tidak ada salahnya untuk mencoba membersihkannya 2 - 3 kali dalam seminggu. Caranya juga mudah dan jauh lebih sederhana jika mengetahui trik yang tepat. Seperti apa itu? Simak informasi yang berikut ini yuk!

# Tip 1

Apakah kamu gemar membeli atau mempunyai koleksi barang-barang dalam jumlah yang banyak? Jika jawabannya ya, maka mulai hari ini cobalah berjanji pada diri sendiri untuk memilah dan mempertimbangkan dengan bijak sebelum berbelanja. Alasannya seringkali dengan mudahnya banyak orang tergiur saat mendapatkan diskon, namun tidak benar-benar membutuhkannya. Bahkan seringkali yang ada pemiliknya harus memindahkan dari satu tempat ke tempat lain, atau menempatkan barang tersebut dengan cara memaksa masuk pada lemari. 

Hal inilah yang seringkali menyebabkan ketidakrapihan, dan menimbulkan rasa tidak nyaman. Untuk mengatasinya cobalah untuk memiliki beberapa furniture penting seperti salah satunya adalah lemari sepatu yang dapat memastikan alas kaki berakhir pada tempatnya. Cara ini dapat membuat kekacauan berkurang secara otomatis. 

# Tip 2

Selain memilih dan memilah mana barang mana yang akan dibeli, jangan lupa untuk mempertimbangkan ukuran ruangan yang dimiliki. Hal ini sangat perlu dipikirkan karena setiap orang memiliki kapasitas yang berbeda-beda, baik itu dapur, kamar tidur, hingga kamar mandi. Sehingga cobalah untuk melakukan pengukuran terlebih dahulu.

Jika perlu tidak ada salahnya untuk membuat daftar barang-barang yang diperlukan, sehingga nantinya juga akan memudahkan secara terperinci saat berbelanja dekorasi, perangkat elektronik, maupun peralatan rumah lainnya. 

# Tip 3

Setelah mengetahui dua langkah di atas, cara berikutnya yang harus diketahui untuk membuat rumah tertata rapi adalah, bagaimana Anda menyimpan barang-barang dengan tempat penyimpanan yang tepat. Untuk memudahkan buatlah kategori menurut jenis barang sesuai fungsinya.

Langkah ini sangat efektif untuk menjaga kerapihan terutama untuk ruangan yang memiliki mobilitas tinggi seperti dapur yang digunakan untuk memasak. Selain itu area lainnya yang perlu diperhatikan kamar mandi, bukan saja harus tetap bersih tapi memudahkan saat beraktivitas. 

Sedangkan untuk kamar tidur sendiri kunci menjaga kebersihan adalah simpan semua pakaian dan aksesoris pada kotak penyimpanan. Kemudian letakan pada sudut ruangan atau kolong tempat tidur agar tidak memakan tempat, pastikan untuk memberikan ruang gerak bagi penghuninya.

# Tip 4

Berikutnya buatlah jadwal untuk merapikan rumah secara teratur, misalnya dua hingga tiga kali dalam seminggu. Jika memiliki aktivitas yang padat, Anda dapat melakukannya sedikit demi sedikit. Buatlah prioritas terlebih dahulu misalnya membersihkan kulkas di hari Senin, kemudian di lain waktu barulah melakukan tugas rumah yang telah ditentukan.

Untuk memudahkan cobalah menulis rutinitas harian, mingguan hingga bulanan yang dapat membantu mengatur kondisi rumah sempurna sepanjang tahun. Secara sederhana usaha kecil ini dilakukan agar tidak menumpuk pekerjaan. 

Jika merasa kesulitan belajarlah untuk merapikan tempat tidur di pagi hari, melipat selimut dan bantal. Langkah ini akan memberikan efek domino untuk memiliki kebiasaan yang baik. Saat masih memiliki waktu luang bersihkan lantai untuk mengumpulkan debu dan kotoran yang ada. 

Wah, tidak terasa kita sudah sampai di ujung pembahasanya! Tapi sebelum mengakhirinya ada informasi yang penting untuk diketahui yaitu kalau ada e-commerce yang menyediakan semua keperluan rumah, kantor hingga hobi Anda yaitu Ruparupa. 

Merupakan sebuah platform online yang menggabungkan berbagai brand Kawan Lama Group seperti Informa, ACE, Toys Kingdom. Melalui platform ini kami juga memberikan penawaran eksklusif secara online seperti potongan harga, cashback hingga flash sale yang diadakan setiap minggunya. Yuk bergabung menjadi Ruppers sekarang juga!