Dilarang Mudik, Staycation Aja!

yp
Dilarang Mudik, Staycation Aja!
Ilustrasi staycation. (instagram agoda)

JAKARTA - Pemerintah resmi melarang mudik lebaran 2021. Ini karena masih dalam masa pandemi Covid-19. 

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menyebut untuk menikmati liburan, masyarakat bisa melakukan staycation di kota masing-masing. 

Libur di daerah sendiri memang menjadi banyak pilihan warga selama masa pandemi ini. Selain irit, liburan gaya ini juga bisa membebaskan diri dari rutinitas. 

Berikut langkah yang perlu dilakukan supaya staycation tetap asyik. Tak kalah dengan mudik. 

1. Buat Perencanaan
Langkah pertama adalah menentukan dengan siapa saja liburan dilakukan. Sendiri, bersama teman atau keluarga. 

Lalu, kegiatan yang dilakukan selama liburan. Ingin puas bersepeda, jogging atau berenang di alam terbuka, kumpul teman atau keluarga sambil nge-game, cicip aneka kuliner atau malah kepingin santai me time membaca buku, mendengarkan musik sambil malas-malasan seharian.

2. Cek Promo
Jangan pernah berlibur ta pa tahu isi dana yang ada di dalam dompet. Staycation memang lebih hemat karena liburan di daerah yang sama dengan tempat tinggal tak perlu keluar biaya transportasi besar. Tapi ini pun masih bisa lebih irit! 
Caranya, rajin-rajinlah cek promo. Biasanya di masa libur akan banyak paket diskon mulai dari sewa penginapan, sewa kendaraan sampai makanan. Lumayan kan.

3. Memilih Penginapan
Pilih lokasi penginapan sesuai dengan kegiatan yang akan dilakukan selama libur.  Menginap di vila di pinggir kota akan lebih cocok bila ingin bersepeda atau berenang di udara sejuk. Namun bila ingin nge-city maka apartemen atau hotel di tengah kota dengan akses mudah untuk kulineran menjadi pilihan. Sewa apartemen rasanya juga pas buat yang ingin libur sendirian. 

4. Booking
Bila perencanaan sudah matang dan tempat penginapan sudah didapat, segera booking sejak jauh-jauh hari. Pemesanan mepet hari bisa membuat kecewa karena sudah full booked. Nggak mau kan? 

5. Internet
Rajin-rajinlah membuka internet. Bukan cuma untuk mencari promo harga tapi juga untuk melihat prakiraan cuaca agar kegiatan liburmu lancar. Setidaknya bisa persiapan bawa payung bila ingin keluar tapi cuaca diperkirakan bakal hujan. 

6. Prokes
Ini yang paling penting sih. Jangan lupa selama liburan, tetap disiplin protokol kesehatan alias prokes. Pilih juga penginapan yang disiplin prokes karena semua pasti ingin tetap sehat selepas liburan. 

Bagaimana, siap staycation? (*/yp)