Beda Amalan Beda Hasilnya

yp
Beda Amalan Beda Hasilnya

ORANG-orang sholeh sangat takut melihat dosa-dosa yang dilakukannya. Melihat dosa yang dilakukannya seperti sedang duduk dibawah bukit yang akan runtuh. Sedangkan orang yang tak takut akan dosa-dosa yang telah diperbuatnya melihat dosanya seperti seekor lalat yang menempel di hidungnya dengan sekali menggelengkan kepalanya  dia yakin lalat itu akan  menghilang.

“Apakah orang-orang yang membuat kejahatan itu menyangka bahwa Kami akan menjadikan mereka seperti orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal yang saleh, yaitu sama antara kehidupan dan kematian mereka? Amat buruklah apa yang mereka sangka itu.” (QS. al-Jatziyah: 21).

Balasan baik untuk usaha yang baik, sedangkan hasil yang buruk tidak disandang kecuali oleh orang yang berlaku buruk. Beda antara amalan baik dan buruk ketika didunia maka akan berbeda pula hasilnya ketika di akhirat. Kerugian dan siksa neraka adalah buah yang akan dipanen para pendosa, sedangkan keberuntungan dan kenikmatan adalah buah yang Allah anugerahkan kepada orang-orang baik dan bertakwa. 

Allah berfirman, “Tiada sama penghuni-penghuni neraka dengan penghuni-penghuni surga; penghuni-penghuni surga itulah orang-orang yang beruntung.” (QS. Al-Hasyr: 20).

Memang tidak mudah untuk menyadari perbuatan salah dan dosa yang telah kita lakukan. Tapi seburuk apapun hati manusia sebenarnya terbersit dalam hatinya menyadari kesalahan yang telah dilakukan. Disinilah pentingnya mencari tahu dan menyerap ilmu agama sehingga memahami dan bisa menyadari atas kesalahan dan kekurangan diri sendiri.

Sebelum menghadapi mahkamah hari akhirat Allah masih memberikan kesempatan manusia untuk bertaubat memohon ampunananNYA dan berjanji tak akan mengulangi kesalahannya lagi. 

Rasulullah bersabda:“Setiap anak Adam pasti ada salahnya dan sebaik-baik orang yang melakukan kesalahan adalah yang banyak bertaubat.” (HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah). 

Wallohu a’lambishshawab.

(Nuchasin M Soleh) 

**Telah tayang di rubrik Renungan pada media cetak Harian Terbit edisi Kamis, 1 April 2021.