Selamat Datang Ramadhan         

yp
Selamat Datang Ramadhan         

RASULULLAH telah menyontohkan berpuasa sunnah Senin dan Kamis. Abu Hurairah ketika bertanya pada Rasulullah: “Wahai Rasul, engkau senantiasa puasa Senin dan Kamis.” 

Beliau menjawab, “Sesungguhnya pada setiap hari Senin dan Kamis Allah SWT mengampuni dosa setiap Muslim, kecuali dua orang yang bermusuhan. Allah berfirman, ‘Tangguhkanlah keduanya sampai keduanya berdamai’.” (HR. Ibnu Majah).

Rasulullah juga sering berpuasa sunnah pada tanggal 13, 14 dan 15 penanggalan Hijriyah setiap bulannya. Selain itu Rasulullah dalam bulan Sya’ban lebih banyak berpuasa sunnah dibanding pada bulan-bulan lainnya kecuali Ramadhan. Di bulan Ramadhan Rasulullah memerintahkan umatnya lebih memperbanyak amalan sholehah, sedekah, ibadah sunnah, zikir pada setiap saat dan kesempatan serta amalan kebaikan lainnya. Rasulullah berpuasa sunnah sedikitnya 130 hari atau sepertiga lebih  dalam setahun.

Imam Al Ghazali dalam Kitab Ihya' Ulumuddin menulis bahwa puasa menjadi sangat istimewa dibandingkan dengan ibadah-ibadah lainnya karena Allah yang langsung memberikan balasan ganjarannya. Rasulullah menyampaikan Firman Allah SWT dalam sebuah hadits: "Seluruh amalan kebaikan manusia akan dilipatgandakan menjadi sepuluh sampai tujuh ratus kali lipat. 

Allah Ta'ala berfirman, "Kecuali puasa. Sebab pahala puasa adalah untuk-Ku. Dan Aku sendiri yang akan membalasnya. Ia (orang yang berpuasa) telah meninggalkan syahwat dan makannya karena-Ku." (HR Al Bukhari dan Muslim dari Abu Hurairah).

Dengan persiapan yang baik untuk memasuki bulan Ramadhan In sha Allah akan memperoleh hasil yang baik ketika menjalani puasa Ramadhan. Berusaha menjaga kesehatan serta meningkatkan hubungan dengan saudara dan keluarga agar hati menjadi bersih, harmonis, nyaman dan tenteram selama menjalani ibadah puasa. 

Memperbanyak istighfar dan bertaubat pada Allah menjelang puasa Ramadhan karena iman seseorang terkadang naik dan menurun. Selain itu mempersiapkan diri memahami fiqih terutama yang berkaitan dengan ibadah puasa yang bisa banyak kita dapatkan lewat pengajian, ceramah langsung dalam majelis taklim atau melalui media cetak, elektronika, online dan sarana lainnya. 

Selamat datang Ramadhan, semoga Allah masih memberikan kesempatan kita untuk menjalani ibadah puasa Ramadhan tahun ini. 

Wallohu a’lambishshawab

(H Nuchasin M Soleh) 

** Telah tayang di rubrik Renungan pada media cetak Harian Terbit edisi Jumat, 9 April 2021.