Ahli Waris Pekerja Koperasi Bersyukur Terima Santunan BPJAMSOSTEK

Arbi
Ahli Waris Pekerja Koperasi Bersyukur Terima Santunan BPJAMSOSTEK

Jakarta, HanTer - BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) Kantor Cabang Jakarta Rawamangun menyerahkan santunan kepada pekerja peserta Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (Jamsostek) yang meninggal dunia akibat sakit.

Santunan senilai Rp46.766.500 itu diberikan kepada ahli waris dari Almarhum Ma’mun seorang pekerja di Koperasi Pekerja Bongkar Muat Pasar Induk Beras Cipinang pada Sabtu (10/4/2021). Secara simbolis santunan diserahkan perwakilan dari BPJAMSOSTEK Cabang Jakarta Rawamangun dan disaksikan para anggota dan pengurus koperasi.

“Kami mengucapkan berbelasungkawa atas meninggalnya almarhum, semoga keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan,” kata Aland Lucy Patitty dalam keterangannya, Minggu (11/4/2021).

Lucy menjelaskan almarhum Ma’mun telah bekerja selama 15 tahun di Koperasi Pekerja Bongkar Muat Pasar Induk Beras Cipinang dan terdaftar sebagai peserta di BPJAMSOSTEK Cabang Rawamangun. Dengan demikian ahli waris almarhum berhak mendapatkan santunan Jaminan Kematian (JKm) senilai Rp42 juta dan klaim Jaminan Hari Tua (JHT) senilai Rp4.766.500.

“Nilai santunan ini memang tidak bisa menggantikan posisi almarhum sebagai tulang punggung keluarga, namun ini sebagai bukti hadirnya negara melalui BPJAMSOSTEK memberikan perlindungan dan hak-hak kepada pekerja, dengan harapan santunan ini dapat meringankan beban keluarga yang ditinggalkan,” ucap Lucy.

Lucy juga menyampaikan harapannya agar setiap pekerja, baik formal maupun informal, di wilayah DKI Jakarta dapat terlindungi program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan. Apalagi Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menerbitkan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 2 Tahun 2021 Tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (Jamsostek).

Inpres 2/2021 ini ditujukan kepada seluruh elemen pemerintahan, baik pusat dan daerah. “Inpres ini merupakan bukti komitmen Presiden Jokowi demi kesejahteraan pekerja melalui perlindungan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan,” kata Lucy.

Dalam kesempatan itu, Nyai Rahmawati selaku istri dan juga ahli waris almarhum yang diwakili anaknya menyampaikan apresiasi dan rasa terimakasihnya kepada BPJAMSOSTEK Cabang Jakarta Rawamangun.

“Alhamdulillah, kami bersyukur dengan adanya santunan ini meringankan beban kami dalam membantu perekonomian selepas bapak (almarhum) meninggal dunia,” katanya.