Resolusi Jihad KH Hasyim Asyari 

***
Resolusi Jihad KH Hasyim Asyari 

K.H. Hasyim Asy’ari memiliki jasa yang besar, salah satunya mengobarkan Resolusi Jihad. Resolusi Jihad salah satu faktor besar yang menjadi kekuatan pemukul para pejuang kemerdekaan Indonesia melawan penjajah Belanda. Kontribusi itu fundamental bagi kemerdekaan bangsa Indonesia.

Kegigihan perjuangannya,  kakek dari Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur) ini ditetapkan sebagai Pahlawan Nasional oleh Presiden Soekarno dalam Keppres nomor 249 tahun 1945.

Cucu pendiri Nahdlatul Ulama (NU), Zannuba Ariffah Chafsoh Rahman Wahid atau Yenny Wahid Yenny menjelaskan K.H. Hasyim Asy’ari memiliki jasa yang besar, salah satunya mengobarkan Resolusi Jihad. 

“Resolusi Jihad salah satu faktor besar yang menjadi kekuatan pemukul para pejuang kemerdekaan Indonesia melawan penjajah Belanda. Kontribusi itu fundamental bagi kemerdekaan bangsa Indonesia,” kata Putri K.H. Abdurrahman Wahid (Gusdur) ini.

Tentara Inggris

Revolusi Jihad NU yang dipeloporinya karena perjuangan kemerdekaan masih belum berakhir, kendati proklamasi sudah dilantangkan pada 17 Agustus 1945. Hal ini disebabkan kedatangan Brigade 49 Divisi India Tentara Inggris pimpinan Brigadir Jenderal A.W.S. Mallaby, yang merupakan buah dari rencana Agresi Militer II Belanda.

Dalam buku Resolusi Jihad, “Perjuangan Ulama dari Menegakkan Agama Hingga Negara” karya Abdul Latif Bustami dan Tim Sejarah Tebuireng dituliskan, NU, para kiai, santri dan warga nahdliyin, memberikan kontribusi nyata dalam mengawal perjuangan kemerdekaan. 
 
Puncak perjuangan yang dipelopori oleh ulama muncul setelah adanya fatwa jihad yang dikumandangkan KH. M. Hasyim Asy’ari dan lebih dikenal dengan “Resolusi Jihad” tanggal 22 Oktober 1945, sebelum pertempuran 10 November 1945 di Surabaya. Resolusi itu sebagai legitimasi bagi pemerintah sekaligus kritik terhadap sikap politik yang pasif dengan agresi militer Sekutu. 

Resousi Jihad merupakan pernyataan tertulis yang disepakati oleh wakil-wakil masyarakat yang memuat tuntutan untuk memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia sesuai dengan landasan ajaran Islam dan sejatinya meminta ketegasan pemerintah Indonesia untuk segera mendeklarasikan Perang suci atau Perang jihad. 

Dengan lahirnya Resolusi Jihad, semangat umat Islam untuk mempertahankan kemerdekaan semakin terbakar. Peristiwa heroik 10 November 1945 yang diperingati sebagai Hari Pahlawan tidak terlepas dari semangat Resolusi Jihad yang dicetuskan di markas NU, Bubutan Surabaya. 

#Ulama   #tokoh   #islam