Indah, Mesjid di Bali Ini Mirip Bangunan Pura

yp
Indah, Mesjid di Bali Ini Mirip Bangunan Pura
Masjid Al Hikmah di Denpasar, Bali. (tangkapan layar youtube ubay 26)

BALI – Mesjid di Bali ini begitu mirip dengan pura. Ukiran yang menghiasi pintu dan pagar di bagian depan tak ubahnya dengan ukiran pura. 

Rumah ibadah di Jalan Soka, Kesiman, Denpasar, ini adalah Masjid Al Hikmah. Pada bagian gerbang, juga pagar, berukir bunga teratai yang indah. Pada bagian puncak da bulan bintang seperti yang biasa terdapat di masjid. 

Bagian dalam masjid pun penuh kayu berornamen khas Bali, termasuk pada pintu dan jendelanya. Keunikan lain masjid adalah papan nama masjid yang ada di dalam. Tertera nama dalam aksara Arab, lalu di bawahnya aksara Bali diikuti bahasa Indonesia. 

Berdiri pada 1978, masjid ini semula mushola kecil ini yang dibangun Abdurahman Sumarno yang mewakafkan tanahnya untuk memfasilitasi tempat ibadah umat Muslim yang jumlahnya memang sedikit di daerah Kesiman. 

Lalu pada 1995, Sunarso dibantu jamaah lain memugarnya secara swadaya. Pembangunan dengan memadukan budaya Bali. Bahkan pemugaran ini melibatkan seniman asli warga setempat untuk membuat ukirannya.

Maka, jadilah tempat ibadah Islam itu berwajah Bali yang juga menjadi lambang hubungan hangat umat Muslim dan Hindu.

Masjid berkapasitas 1.500 jamaah di lahan 8 hektar ini, tak hanya untuk sholat saja. Juga, digunakan untuk pengajian serta pendidikan anak usia dini (PAUD).

Harmonisasi kehidupan Muslim-Hindu pun tak cuma dari bentuk fisik bangunan masjid itu saja. Dalam keseharian, pecalang Hindu juga kerap membantu pengamanan saat ada kegiatan masjid itu. Atau juga, aparat pemerintah setempat ikut berbuka puasa ketika jamaah buka puasa di bulan Ramadan.

Akulturasi ini menarik banyak pengunjung. Tak hanya warga Bali yang datang untuk melihat tapi juga wisatawan manca negara yang tertarik melihat tempat ibadah muslim dengan bentuk layaknya pura, tempat ibadah umat Hindu. (dari berbagai sumber/yp)