Unik, Masjid di Tuban Ini Ada di Dalam Goa

yp
Unik, Masjid di Tuban Ini Ada di Dalam Goa
Masjid Aschabul Kahfi Perut Bumi Al Maghribi di Tuban. (tangkapan layar youtube mas beb)

TUBAN – Sebuah masjid di Tuban, Jawa Timur, ini menjadi daya tarik wisatawan. Lokasinya yang berada di dalam perut bumi atau goa membuatnya begitu unik.

Masjid Aschabul Kahfi Perut Bumi Al Maghribi tepatnya berada di Jalan Gedungombo, Semanding. Tak seperti masjid umumnya, untuk bisa beribadah di masjid ini jamaah harus masuk ke goa. 

Masjid ini indah dengan bagian depan beraneka warna mencolok. Belum lagi tulisan beraksara Jawa yang dipadukan dengan kaligrafi Arab. Ayat-ayat Quran juga ditulis indah penuh cita rasa seni.

Masjid ini sebenarnya bagian dari Pondok Pesantren Aschabul Kahfi. Pembangunan masjid pada 2002 adalah ide pimpinan pondok pesantren tersebut, yakni KH Subhan.

Ia berupaya memanfaatkan terowongan atau goa yang begitu tandus. Layaknya goa, dalam masjid juga ada stalagmit dan stalagtit. Namun kesan goa yang dingin dan gelap serta merta pudar karena KH Subhan menyulapnya menjadi tempat ibadah. 

Arsitektur masjid dilengkapi pilar yang melingkar seperti yang banyak terdapat di banyak masjid lain. Lalu suasana tanpa cahaya karena dalam goa yang tak tembus sinar matahari diatasi dengan lampu-lampu.

Bahkan aneka bentuk lampu itu pun menjadi dekorasi tersendiri. Lalu ada anak tangga berhias marmer yang digunakan sebagai penghubung antarruangan.

Masjid yang berada di lahan sekitar 3 hektar ini bukan saja digunakan sebagai tempat ibadah. Banyak wisata ziarah datang untuk mengagumi keindahan lalu solat di sana. 

Tentu rasanya menjadi beda ketika solat di tempat ini, sebuah tempat bawah tanah dengann sinar matahari  tak pernah muncul sepanjang masa. Rasanya ibadah menjadi lebih khusuk karena menyadari besarnya kuasa Ilahi. (yp)