Tebar Kebaikan di Masa Pandemi, Kebaya Foundation Gelar Aksi Kebaya Bergerak 
Foto : Kebaya Bergerak gelar aksi takjil murah/ ist

Jakarta, HanTer – Berbuat baik bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja. Terlebih pada Ramadhan 1441 Hijriah ini kegiatan tidak dapat terselenggara dengan bebas akibat pandemi Covid 19 yang masih tinggi, sehingga mewajibkan semua untuk menerapkan protokol kesehatan untuk menghindari penyebaran virus corona. 

Tak heran, jika muncul masalah ketika sebagian masyarakat yang terdampak secara ekonomi dan tidak dapat mencari nafkah hanya bisa pasrah.  Untuk itu, guna mengurangi beben berat sekaligus bentuk tebar kebaikan Kebaya Foundation mengadakan aksi Kebaya Bergerak untuk berempati dan berbagi menjual paket nasi beserta takjil murah dengan tujuan membantu masyarakat yang membutuhkan.

“Kegiatan ini diharapkan dapat meringankan beban masyarakat yang terdampak oleh wabah Covid-19 di masa Ramadhan dan sekaligus menjadi media sosialisasi Kebaya dalam melakukan aksi kegiatan sosial,” kata Ketua Kebaya Foundation Tuti N Roosdiono, Kamis (6/5/2021).

Ditambahkan Tuti, pihaknya berharap perempuan Indonesia semakin banyak memakai kebaya dan mencintai busana Indonesia. 

“Aksi sosial Kebaya Bergerak juga sebagai bentuk konsistensi Kebaya Foundation dalam melakukan misinya untuk melestarikan kebaya sebagai jati diri perempuan Indonesia, meskipun bulan Ramadhan telah lewat, tidak hanya aksi sosial tetapi juga di bidang Kesehatan, Pendidikan, budaya, dan lain-lain,” jelasnya.

Menurut Tuti, kegiatan aksi ini bersumber dari dana donasi yang dikumpulkan Kebaya Foundation dan diolah menjadi paket nasi berserta takjil untuk berbuka bagi masyarakat yang membutuhkan atau pekerja jalanan. 

“Kami para panitia aksi membuatnya di dapur rumah masing-masing dengan memakai kebaya dari mulai proses membeli bahan mentah sampai mengolahnya menjadi bahan matang yang hygenis dan halal. Walaupun kami hanya mampu berbuat sedikit namun terus berusaha untuk berkontribusi agar kami bisa melewati kondisi sulit bersama-sama,” tuturnya.

Aksi yang dilakukan di sekitar Kawasan Blok M Jakarta selatan dimulai pukul 16.00 WIB sampai dengan selesai, kegiatan sesuai protokol Kesehatan yang diatur menjaga jarak kerumunan, memakai masker, hand sanitizer  sarung tangan dan pelindung wajah. 

“Ada 300 paket nasi dan takjil murah yang dijual kepada masyarakat membutuhkan dan untuk nantinya akan pindah ke titik lain di wilayah Jakarta,” tambahnya.