Dongkrak Pariwisata Indonesia, Shafwah Holidays Gelar Kompetisi Video dan Fotografi Udara

Eka
Dongkrak Pariwisata Indonesia, Shafwah Holidays Gelar Kompetisi Video dan Fotografi Udara
Jumpa Pers Tourism Aerial Video & Photography Competition 2021 yang digelar Shafwah Holidays dengan menggandeng APDI serta Puspordirga TNI AU di Jakarta, Selasa (8/6/2021).

Jakarta, HanTer - Pandemi Covid-19 membuat seluruh sektor, khususnya ekonomi di berbagai negara, lumpuh. Begitu pun Indonesia. Sejumlah aspek terkena dampak, terutama di sektor pariwisata dan industri kuliner.

Berbicara sektor pariwisata, gelombang Covid-19 membawa dampak negatif. Setidaknya, para pelaku yang bergerak dibidang itu seakan tengah 'mati suri' dalam menjalankan bisnisnya, termasuk biro perjalanan.

Pasalnya, sebelum Covid-19 menghantam dunia secara global, sektor pariwisata Indonesia menjadi salah satu lumbung penting dalam menyumbang devisa terbesar negara. 

Tercatat, pada 2019 lalu, sektor tersebut menyumbang devisa negara sebesar Rp285 triliun. Namun ditengah pandemi Covid-19, disertai kebijakan ketat di tiap negara membuat pendapatan negara melalui pariwisata, anjlok.

Untuk membangkitkan kembali sektor pariwisata sekaligus mendongkrak devisa negara, beragam cara terus dilakukan, baik oleh pemerintah melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dan juga pihak swasta bersinergi menghidupkan kembali industri pariwisata Indonesia.

Salah satunya dilakukan Shafwah Holidays. Perusahaan yang bergerak di bidang jasa dan biro perjalanan itu melahirkan gagasan untuk membangkitkan kembali industri pariwisata yang masih terpuruk.

Gagasan tersebut diantaranya dengan menggelar sebuah kompetisi bertajuk "Tourism Aerial Video & Photography competition 2021" dengan tema "Jelajah Indonesia Tanpa Batas Bersama Shafwah Holidays".

CEO Shafwah Holidays, Muhammad Helmy, mengatakan, kompetisi videografi dan fotografi tingkat nasional yang bekerjasama dengan Asosiasi Pilot Drone Indonesia (APDI) melalui tangkapan udara, diharap mampu membawa efek positif untuk melecut wisatawan berwisata di seluruh pelosok destinasi di Indonesia.

"Kami dari Shafwah Holiday bekerjasama dengaj APDI menggelar kegiatan bertajuk Tourism Aerial Video & Photography Competition. Dimana, dalam hal ini kami mengajak para fotografer dan videografer profesional berkompetisi melihat indahnya Indonesia dari sudut pandang udara," katanya dalam jumpa pers di Jakarta, Selasa (8/6/2021).

"Dengan digelarnya event ini kami berharap mampu berkontribusi untuk membangun kembali pariwisata di Indonesia. Selain itu event ini bisa menjadi ajang promosi tiap daerah, kabupaten dan provinsi tentang keindahan pariwisata serta menyiapkan potensi-potensi pariwisata yang tersembunyi," jelas Helmy menambahkan.

Mengenai pelaksanaan, Helmy menuturkan pendaftaran kompetisi Video dan Fotografi Udara sendiri telah dibuka sejak 1 Juni dan ditutup pada 30 Juni mendatang dengan menyertakan tangkapan foto dan video melalui udara. 

Setelah itu pihaknya akan menyeleksi pemenangan menjadi 34 peserta. Kemudian, 34 peserta yang masuk ke grandfinal akan kembali diseleksi dengan mengikuti kompetisi di Banjarbaru, Kalimantan Selatan selama empat hari, yakni 14-18 Agustus untuk ditentukan sebagai pemenang.

"Dari ribuan peserta yang mendaftar dan ikut-serta, nanti akan kita seleksi menjadi 34 peserta untuk kita bawa ke Kalimantan Selatan. Setelah itu kita akan hunting empat hari mulai 14 Agustus. Pemenang akan di umumkan September bersama Kemenparekraf. Total hadiahnya sendiri sebesar Rp100 juta," ucap Helmy.