Balitbang Golkar Sebar Ribuan Bansos di Tangerang dan Bekasi
Foto :

Jakarta, HanTer - Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Golkar menggandeng Asosiasi Peritel Indonesia (APRINDO) membagikan ribuan bantuan sosial di Tangerang dan Bekasi. Sasarannya, adalah mereka yang saat ini sedang isoman karena menderita Covid dan masyarakat terdampak covid pada umumnya.

Ketua Balitbang Golkar Jerry Sambuaga, bantuan diberikan untuk meringankan beban masyarakat dan sebagai bagian untuk menuju kebangkitan ekonomi.

"Ini bentuk kepedulian kita sekaligus dukungan bagi Pemerintah untuk bersama-sama mengatasi dampak Pandemi Covid-19," Kata Jerry di Jakarta, Minggu (15/8/2021).

Sebagai bentuk kolaborasi, Balitbang Golkar berkoordinasi dan bekerja sama dengan Satgas Covid-19 di masing-masing Daerah. Untuk Tangerang, bantuan Balitbang ini diterima oleh ketua Satgas Kabupaten Tangerang yang juga wakil Ketua Satgas Covid. Kolaborasi ini menurut Jerry diperlukan untuk memaksimalkan ketepatan dan efektifitas serapan bantuan sosial.

"Bagi Balitbang ketepatan dan efektifitas serapan bantuan itu penting. Karena itu kita gandeng satgas Covid. Karena itu kita berkolaborasi dengan mereka," tambah Jerry.

Apresiasi

Wakil Ketua Satgas Covid Tangerang Sahruddin sendiri mengaku sangat senang dengan bantuan Balitbang Golkar ini. Menurutnya, bantuan ini menunjukkan bahwa partai politik bisa terjun langsung membantu masyarakat yang terkena Covid, khususnya yang kurang mampu. Wakil Satgas Tangerang bahkan mengapresiasi kejelian jenis bantuan yang menurutnya mencerminkan kebutuhan masyarakat. Wakil Satgas Sahruddin berharap ada makin banyak partai yang bisa melakukan hal yang sama.

Selain di Tangerang dan Bekasi, bantuan sosial juga akan dibagikan di beberapa Daerah Jabodetabek dan Sulawesi Utara. Jumlahnya lebih dari 7000 paket. Balitbang Golkar bekerja sama dengan Aprindo dalam pengadaan paket-paket ini. Menurut Jerry, langkah kerja sama ini juga ditujukan agar memberikan insentif bagi produksi dan perdagangan barang.

"Bantuan sosial itu pada dasarnya juga membuat serapan barang produksi tetap terjaga. Karena itu pada dasarnya bantuan sosial seperti yang dilakukan Partai Golkar ini juga berdampak pada terus berjalannya ekonomi dan perdagangan," imbuh Jerry.

Partai Golkar sendiri merupakan bagian tak terpisahkan dari pemulihan ekonomi dan kesehatan nasional. Hal ini karena Tim Ekonomi kabinet banyak diisi oleh orang-orang Golkar.

Demikian juga dalam sektor kesehatan, banyak orang Golkar menduduki posisi strategis. Hasilnya, Indonesia pada kuartal kedua kemarin mencatat pertumbuhan ekonomi sebesar 7,07% yang merupakan indikasi keluarnya Indonesia dari resesi.

Sementara dalam sektor kesehatan Golkar juga bagian tak terpisahkan pada implementasi strategi pemulihan kesehatan masyarakat. Untuk saat ini, Indonesia bisa menekan laju penderita baru Covid dan memacu jumlah mereka yang sembuh.

Indonesia juga terbukti sukses dalam jaminan penyediaan kebutuhan dasar dan kebutuhan pendukung dalam sektor kesehatan. Sepanjang 2020 dan 2021 tidak terjadi lonjakan harga kebutuhan dasar secara signifikan. Berbagai bantuan sosial oleh Pemerintah bahkan ikut menjaga daya beli dan daya konsumsi masyarakat.