Roadshow Aksi Tanggap Bencana Relawan Sahabat Ganjar Untuk Korban Erupsi Gunung Semeru 
Foto :

Jakarta, HanTer - Setelah sebelumnya kelompok Sahabat Ganjar menyalurkan sejumlah bantuan Koperasi Guru Candi Puro, Kabupaten Lumajang, pada Senin (6/12/2021), kini Sahabat Ganjar kembali bergerak menyalurkan bantuan ke posko pengungsi lainnya. Selasa 7 Desember 2021, Sahabat Ganjar aktif bergerak memberikan sejumlah bantuan bagi pengungsi di Posko Balai Desa Penanggal, Lumajang, Jawa Timur.

Erupsi Gunung Semeru di Jawa Timur yang terjadi pada Sabtu (4/12/2021) lalu memang membawa berbagai dampak bagi masyarakat yang tinggal di sekitar Gunung Semeru. Mengetahui kabar tersebut, Sahabat Ganjar dengan Aksi Tanggap Bencana-nya melakukan roadshow ke daerah bencana guna menyalurkan bantuan bagi para korban erupsi Gunung Semeru.

Dalam kegiatan tersebut Sahabat Ganjar menyalurkan sejumlah bantuan yang berupa, makanan siap saji, air mineral, selimut, masker, karpet, vitamin, pembalut, obat-obatan dan baju bertuliskan “Sahabat Ganjar” yang secara langsung diberikan kepada korban erupsi Gunung Semeru. Selain berupa barang, Sahabat Ganjar juga menyalurkan sejumlah dana bantuan yang diberikan kepada warga terdampak.

Sebelumnya perwakilan DPW Sahabat Ganjar Jawa Timur, Kardiana berharap bantuan dari para relawan ini dapat membantu meringankan beban warga yang terkena musibah.

“Semoga dengan bantuan yang Sahabat Ganjar berikan dapat meringankan para masyarakat yang terkena dampak erupsi Gunung Semeru, harapan saya semoga masyarakat bisa cepat bangkit kembali dan doa yang terbaik saya panjatkan,” harap Kardiana.

Selama penyaluran bantuan ini juga relawan Sahabat Ganjar berbaur dengan masyarakat yang turut membantu serta bergotong-royong menurunkan dan mengangkat barang bantuan dari dalam kendaraan dari Sahabat Ganjar. 

DPP Sahabat Ganjar mengucapkan terima kasih terhadap antusiasme dari masyarakat sekitar erupsi Gunung Semeru yang menyambut kedatangan dan membantu Sahabat Ganjar dalam memberikan bantuan. 

“Kegiatan kami tidak hanya terbatas di satu titik saja. Dengan keberadaan Sahabat Ganjar di setiap daerah, kami memiliki respon cepat jika terjadi bencana alam sehingga bantuan langsung dikoordinasikan untuk dikirim ke lokasi bencana. Sehingga dalam waktu singkat bantuan untuk para pengungsi langsung dikirimkan dan diterima oleh mereka yang berhak,” ujar Indah selaku Humas DPP Sahabat Ganjar.

Erupsi Gunung Semeru yang diawali dengan awan panas yang muncul di wilayah Lumajang pukul 13.30 WIB. Berdasarkan informasi dari Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), seismogram Amplitudo mencatat angka maksimum 25 mm saat erupsi terjadi.

Semoga dengan bantuan yang diberikan Sahabat Ganjar kepada korban Erupsi Gunung Semeru bisa meringankan para korban yang terkena dampaknya serta Sahabat Ganjar diseluruh Indonesia dapat terus memperkuat ikatan tali silaturahim dan terjalin dengan baik.