Pemerintah Bakal Buat e-KTP Digital: `Bikin Ribet, Wah…Proyek Lagi nih…`
Foto :

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) berencana memberlakukan KTP elektronik (e-KTP) digital. Terhitung sejak 2021 uji coba e-KTP digital itu sudah dilakukan di 50 kabupaten dan kota di Indonesia. Rencana pemerintah pro kontra di tengah masyarakat.

Berikut kutipan pendapat warga yang dihubungi Harian Terbit, Kamis (13/1/2022):

Fitriani, ibu rumah tangga:

Jika melihat perkembangan masyarakat saat ini sepertinya saya tidak setuju dengan rencana Pemerintah yang akan membuat E-KTP digital, tidak lagi bentuk fisik. Sebab tidak semua orang punya HP dan bisa menggunakannya. Selain itu sinyal internet juga masih menjadi masalah di sejumlah daerah.

Yang membuat jengkel kadang untuk mendownload aplikasi-nya juga susah. Jadi sebelum semua masalah itu diselesaikan maka rencana Pemerintah yang akan membuat KTP digital ujungnya malah jadi lebih ribet. 

Saefudin, wiraswasta:

Sebagai orang kecil saya mah ikut aja atas kebijakan pemerintah yang akan membuat e-KTP digital. Sebagai rakyat kecil saya tidak mempunyai suara untuk menolak. Karena jika pun menolak, apakah suara rakyat kecil akan didengar? Yang ada malah dianggap sebagai pembangkang pemerintah. Jadi saya mah melu wae opo jare pemerintah aku manut.

Hj Lilis, ibu rumah tangga:

Secara pribadi sih saya setuju dengan rencana Pemerintah yang akan membuat KTP digital, tidak lagi seperti berbentuk fisik saat ini. Karena dengan adanya KTP digital ini dapat lebih mudah, lebih cepat, lebih murah, hemat dan efisien. Tidak perlu membawa gisik KTP dan takut hilang. Karena sudah tersimpan di HP pribadi. Dengan adanya KTP digital ini dapat lebih cepat untuk buka data, lebih hemat waktu lebih murah dan efisien.

Tapi masalahnya bagaimana dengan masyarakat awam, yang tidak punya HP dan Internet. Kan kasihan mereka data pribadinya tidak bisa diakses. Baiknya pemerintah kaji juga dengan adanya masyarakat yang tidak punya Hp dan akses internet. 

Bayu Koosyadi, Karyawan:

Saya setuju dengan rencana Pemerintah yang bakal membuat e-KTP digital. Karena cepat atau lambat, disukai atau tidak, manusia tidak akan bisa menghindar dari kemajuan teknologi. Layar Hp touchscreen yang dulunya opsional dan kurang diminati mengingat masih ada Hp dengan keyboard QWERTY, saat ini tidak dihindari penggunaannya.

KTP yang dulu dicetak secara manual dan diisi oleh petugas kelurahan dengan mesin ketik, saat ini terus mengalami pembaharuan dan semakin canggih fungsinya serta semakin sulit untuk dibuat duplikatnya.

Suatu saat kita akan tiba pada masa e-KTP dan tentunya secara fungsi akan semakin canggih. Teknologi diciptakan untuk memudahkan dan menghindari dari celah kejahatan. Apapun yang dilakukan oleh pemerintah demi perbaikan sistem harus kita hargai.

H Jumadi HS, Wiraswasta:

Pemerintah bakal buat e-KTP digital? Wah ini kayanya proyek lagi. Yang ujung-ujungnya duit lagi yang harus keluarkan negara. Karena e-KTP yang sekarang kita pegang aja waktu pengadaannya dikorupsi yang nilainya sangat luar biasa. Beberapa di antaranya udah masuk penjara karena nilep uang pengadaan e-KTP.

Apalagi e-KTP digital, ini kan kita disuruh ngunduh aplikasi. Jadi ini proyek lagi. Baiknya dengan majunya teknologi saat ini diperbaiki saja pelayanannya. Sehingga rakyat tidak kesusahan ketika butuh dokumen.
Sekarang aja kalau ngurus-ngurus dokumen masih agak sulit. Pelayanan dulu diperbaiki baru teknologi bisa ngikut.