Berjuang dari Nol, kini Septian Bramandita Sukses jadi Content Creator Inspiratif  
Foto : Septian Bramandita, pemilik akun @bisnisbarengbram

Jakarta, HanTer - Dibalik kisah sukses, seringkali tersimpan cerita sedih yang penuh perjuangan. Hal ini pula dialami seorang content creator yang berhasil memperoleh kesuksesan setelah mengalami berbagai rintangan. Septian Bramandita, pemilik akun @bisnisbarengbram dengan lebih dari 240 ribu pengikut, berhasil memperoleh pendapatan 1 Milyar sebelum usia 30 tahun.

Sosok “Bucin” yang dimusuhi Satu Sekolah. Ketika duduk di bangku SMK, Bram sering dibully karena menekuni bisnis MLM. Ia dikucilkan oleh satu sekolah karena khawatir diprospek Bram. Tak lama kemudian, dia juga harus menerima kenyataan pahit, kisah cintanya yang hampir menuju pelaminan kandas.  

“Wah, kehilangan sekali ketika putus. Dulu dari pagi sampai malam, kemanapun selalu saya ikutin bareng pacar. Udah kaya orang nggak ada kehidupan lain aja.” begitu menurut pengakuan Bram. 

Drop Out dan Menyepi ke Pulau Dewata
Bram lalu memutuskan untuk berhenti kuliah saat memasuki semester 7 di jurusan Bisnis Administrasi. Ia memilih untuk menetap di Bali untuk mencari ketenangan batin.  

“Sebulan saya di Bali, nggak kenal siapa – siapa. Jalan – jalan sendirian dan semua orang yang saya ketemui, saya ajak ngomong.” ujar Bram.  

Pengembaraan ke Bali menjadi titik balik kehidupan bagi Bram. Ia kembali bangkit dan mulai merintis karir sebagai content creator.  

Sebelum menjadi content creator sukses, Bram telah memiliki segudang pengalaman di bisnis online. Dia sudah paham segala asam garam di bidang ini. Di suatu masa, rumah Bram pernah didatangi ormas dan advokat akibat dari ulah rekan bisnisnya yang kabur dan tidak melunasi hutang, sehingga Bram dituntut untuk melunasinya.

Perjalanan pahit ini berhasil dilalui oleh Bram dengan ikhlas. Pengalaman bisnis online inilah yang ingin Bram bagikan sebagai content creator, agar masyarakat memperoleh pengetahuan dan menghindari kesalahan yang sama. Akan tetapi, perjalanan sebagai content creator juga tidak langsung mulus begitu saja. 

Orang disekitarnya kembali menghujat konten yang ia buat. “Ngapain sih bikin konten kaya gitu? Emangnya kamu siapa?” begitu ucapan yang diterima Bram. 

Hal itu tidak membuat semangat Bram surut, ia tetap konsisten berkarya dan mengacuhkan sindiran itu. Pengalaman ketika bully dulu membuatnya bermental kuatt.

“Yah, dibiarin aja komen negatif itu. Toh, itu hanya lewat jari – jari iseng saja.” tanggapan Bram atas kritik pedas tersebut. 

Beli Mobil Mewah dan Viral di Tik Tok 

Setelah 3 - 4 bulan konsisten memproduksi konten, usaha Bram mulai memetik hasil. Pada tahun 2020, impiannya untuk membeli mobil mewah hasil keringatnya sendiri tercapai dan video tersebut sudah memperoleh lebih dari 370 ribu view di TikTok.  

“Sudah lama punya TikTok, tapi dulu kontennya masih joged – joged. Saya nggak bisa joged, nyanyi, look juga pas -pasan. Ketika mulai muncul konten edukatif, akhirnya saya muncul dengan smart look saja.” cerita Bram mulai terjun ke TikTok. 

Konten Bram menjadi sumber inspirasi bagi para pejuang bisnis online. Setelah viral di TikTok, banyak pihak yang ingin berguru pada Bram. Ia kemudian membuka digital marketing agency untuk membantu para UKM mengembangkan bisnisnya. Pelaku bisnis sukses mencetak omzet fantastis berkat ilmu dari Bram. Di akhir kata, dia berpesan kepada para milenial untuk jangan takut untuk keluar dari zona nyaman dan tiada usaha yang mengkhianati hasil.