JAKARTA - Obesitas (kelebihan berat badan) di Indonesia sudah mengkhawatirkan. Saat ini, satu dari tiga orang dewasa mengalaminya. 

Berdasarkan riset kesehatan dasar (Riskesdas) yang dilakukan Kementerian Kesehatan pada 2018 ditemukan fakta bahwa satu dari tiga orang dewasa Indonesia mengalami obesitas.

Lebih mengkhawatirkan lagi, riset itu menemukan satu dari lima anak usai 5-12 tahun juga mengalami kelebih berat badan tersebut.

"Tren masalah berat badan pada orang dewasa Indonesia telah mengalami peningkatan hampir dua kali lipat dari 19,1 persen pada 2007 menjadi 35,4 persen pada 2018," ujar Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular pada Kementerian Kesehatan, dr. Cut Putri Arianie, Kamis (4/3/2021).

Menurutnya, obesitas menimbulkan dampak kesehatan serius dan risiko finansial yang semakin mahal bagi negara.

Di dunia terdapat lebih dari 800 juta orang yang mengalami obesitas. Konsekuensinya akan  memerlukan dana 1 triliun dolar AS pada 2025 untuk mengatasi masalah tersebut.

Maka, dr. Cut sepakat agar pemerintah lebih menggencarkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) untuk menurunkan angka obesitas. (*/yp)