Lepas Penat dengan Kunjungi Enam Destinasi di Dieng
Foto : Telaga Warna menjadi destinasi andalan Dieng (ist).

Wonosobo, HanTer - Dieng merupakan salah kota yang terletak di kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Kabupaten ini dipercaya sebagai tempat bersinggahnya para Dewa karena letaknya yang sangat tinggi.

Dikelilingi di antara gunung-gunung tinggi, membuat tanah Dieng sangat subur sehingga para memanfaatkan untuk bercocok tanam yang satu di antaranya adalah kentang. 

Ketika Anda sudah menginjakkan kaki di dataran Tinggi Dieng, sangat disarankan agar Anda mencicipi kentang goreng yang masih fresh dari perkebunan warga.

Selain itu, Dieng juga memiliki destinasi wisata yang digilai para pengunjung lokal maupun mancanegara. Mulai dari wisata telaga hingga gunung terdapat di Dieng. 

Bagi Anda yang berencana untuk mengunjungi destinasi menawan di Dieng, Anda hanya perlu memesan Tiket Efisiensi dengan tujuan Wonosobo, lalu menaiki shuttle ke Dieng, setelah itu baca artikel ini dengan seksama untuk mendapatkan petunjuk destinasi menarik yang harus Anda kunjungi di Dieng. 

1. Telaga Warna
Destinasi hits di Dieng adalah Telaga Warna. Sesuai dengan namanya, Telaga Warna memang memiliki warna yang sangat unik secara harfiah dari namanya.

Anda akan melihat warna telaga yang berubah-ubah dan tentunya hal itu akan membuat Anda merasa takjub seketika. Telaga ini bisa berubah warna menjadi putih jernih, lembayung, hijau, merah, dan biru.

Tempat ini berada di ketinggian 2.000 mdpl dan memiliki kandungan sulfur yang tinggi. Oleh karena itulah menyebabkan warna telaga dapat berubah-ubah. 

Telaga Warna ini merupakan danau vulkanik yang airnya mengandung belerang. Jika terkena sinar matahari, maka air akan mengalami perubahan warna warna.

Telaga Warna ini merupakan destinasi wisata andalan dan banyak sekali yang berukunjung ke sini, mulai dari wisatawan lokal sampai dengan wisatawan mancanegara. 

2. Bukit Sikunir
Bukit Sikunir yang berada di Desa Sembungan ini merupakan salah satu bukin yang menawarkan pemandangan yang tidak dapat diberikan oleh kata-kata saja oleh Anda. Dari bukit ini Anda akan melihat pemandangan sunrise yang menawan.

Karena pemandangan sunrise yang sangat indah, Bukit Sikunir ini menjadi andalan wisata di Dieng dan menjadi primadona bagi wisatawan yang berasal dari dalam negeri maupun mancanegara. 

Pemandangan sunrise di sini menjadi spot favorit yang ramai dikunjungi oleh pengunjung. Untuk mendapatkan pemandangan yang amat cantik ini, Anda sangat disarankan untuk datang langsung menuju ke lokasi Bukit Sikunir Dieng pada dini hari.

Dengan datan pada dini hari, Anda bisa menunggu dan melihat momen matahari sedang terbit dan terlihat sejajar dengan mata Anda. 

3. Kawah Sikidang
Objek wisata yang wajib Anda kunjungi saat di Dieng selanjutnya adalah Kawah Sikidang yang merupakan kawah dari Gunung Dieng.

Sebetulnya kawah ini masih aktif sebagai gunung api, namun Anda tidak perlu khawatir, karena pemandangan di sini sangat mempesona dan pantas untuk Anda abadikan. 

Kawah ini berada di tanah datar dengan luas menapai 200 meter persegi. Karena lokasinya yang datar inilah, sehingga kamu akan aman ketika berkunjung ke sini.

Kawah ini akan menyuguhkan letupan-letupan api dan mengeluarkan gumpalan asap. Sangat disarankan bagi Anda untuk memakai masker karena aroma belerang sangat menyengat dan mengganggu penciuman. 

4. Telaga Pangilon
Telaga ini adalah telaga yang paling luas yang ada di Dataran Tinggi Dieng. Telaga ini berlokasi di kawasan Desa Karangtengah, Batur, Banjarnegara.

Ketika Anda melihat salah satu destinasi wisata ini, mungkin sekilas akan tampak seperti kaldera bekas letusan gunung berapi, yang kemudian ada airnya seperti telaga pada umumnya yang kerap Anda temukan.

Dari ketinggian tertentu, Anda akan melihat telaga ini sangat menakjubkan dan indah, sangat tepat untuk mengabadikan momen di sini dalam bentuk foto. Sebagai informasi tambahan untuk Anda, telaga ini tidak memiliki sumber air sendiri. 

Meski demikian, Anda tidak diperbolehkan berenang sesuka hati Anda, karena telaga ini rawan untuk dibuat berenang.

Telaga ini memiliki lumpur yang lembek dan akan menahan kaki Anda sehingga sulit dilepaskan. Jadi meskipun demikian Anda harus tetap hati-hati di kawasan telaga ini. 

5. Candi Arjuna
Candi Arjuna merupakan peninggalan dari Kerajaan Mataram Kuno dan dibangun untuk menyembah Dewa Shiwa.

Ketinggianya yang berada lebih dari 2.000 mdpl membuat candi ini tampak mempesona dengan suasana pedesaan Dieng (yang terkenal sebagai desa tertinggi di pulau Jawa) yang dingin.

Selain menikmati keindahan alam, Anda juga dapat mengabadikan momen terbaik Anda dalam komplek candi yang ditemukan oleh para arkeolog Inggris ini. Dalam kawasan Candi Arjuna, terdapat lima buah candi yang saling berjajar lurus. 

6. Gunung Prau
Gunung Prau Dieng telah menjadi destinasi favorit para pendaki sejak tahun 2014. Gunung Prau memiliki ketinggian 2.565 MDPL, dan titik awal pendakian berada pada ketinggian 1.700 MDPL.

Gunung Prau juga di klaim sebagai Gunung di Asia Tenggara yang memiliki pemndangan terbaik untuk melihat sunrise.

Tidak heran jika setiap musim kemarau datang, para Traveller dari pelosok negeri selalu berdatangan. Tidak sedikit pula dari mereka yang memilih untuk nge-camp, karena penasaran dengan keindahan sunrise yang dihadirkan.

Sangat disarankan bagi Anda yang tidak ingin nge-camp untuk mendaki saat dini hari sehingga bertepatan waktunya saat Anda tiba di puncak dengan sunrise yang indah.