Beri Apresiasi Insan Serial Drama di Indonesia, Pertama Kalinya RCTI Gelar IDSA 2021
Foto : Ilustrasi

Jakarta, HanTer – RCTI tak pernah berhenti memberikan apresiasi bagi dunia akting. Terlebih industri hiburan khususnya serial drama atau sinetron di Indonesia selalu menjadi primadona bagi penonton. Hal ini dapat dilihat dari top performa di televisi yang selalu didominasi oleh program sinetron. 

Tidak hanya karena ceritanya yang menarik dan beragam, namun para aktor dan aktris pemeran dalam suatu sinetron juga menjadi daya tarik tersendiri bagi pemirsa untuk terus mengikuti jalan ceritanya yang tayang di televisi. 

Beranjak dari itu, sebagai bentuk apresiasi kepada para pelaku industri sinetron di Indonesia yang telah berdedikasi menghibur masyarakat, untuk pertama kalinya RCTI akan menggelar penghargaan Indonesian Drama Series Awards 2021 (IDSA 2021). 

Rencana, malam puncak penghargaan disiarkan langsung RCTI dari salah satu studio termegah dan tercanggih di Asia, yakni Studio RCTI+ pada 31 Agustus 2021.

“Harus diakui serial drama atau sinetron kini menjadi film hiburan favorit dan idola bagi masyarakat. Terlebih lagi dimasa pandemi seperti sekarang ini, masyarakat lebih sering menghabiskan waktu di dalam rumah, maka kehadiran sinetron tentunya menjadi suatu hiburan yang berarti. Oleh karena itu, menjadi kebanggaan tersendiri bagi RCTI untuk bisa menayangkan Indonesian Drama Series Awards 2021 untuk pertama kalinya di Indonesia,” kata Programming and Acquisition Director RCTI, Dini Putri, Jumat (30/7/2021).

Dikatakan Dini Putri, tidak hanya sebagai bentuk apresiasi kepada para pelaku industri sinetron di Tanah Air, namun hadirnya IDSA 2021 bisa menjadi motivasi untuk menghadirkan sinetron yang lebih menarik dan menghibur bagi masyarakat. 

“Semoga kedepannya sinetron terus berkontribusi positif untuk industri kreatif Indonesia dengan menghadirkan alur cerita menarik dan menampilkan para aktor dan aktris berkualitas,”harapnya.

Dalam gelaran IDSA 2021, terdapat 13 kategori penghargaan, yang mana pemenang dari 12 kategori akan dipilih melalui voting masyarakat. Sementara untuk 1 kategori lainnya adalah kategori spesial. Penentuan nomine masing-masing kategori dilakukan oleh Dewan Panelis IDSA 2021 yang berasal dari 14 profesi berbeda. 

Mulai dari artis sinetron, sutradara, produser, penulis skenario, Komisi Penyiaran Indonesia (KPI), Lembaga Sensor Film (LSF), agensi iklan, fans sinetron, musisi, konten kreator, PH, talent management, dosen seni dan wartawan senior.

Untuk total jumlah Dewan Panelis sebanyak 56 orang kemudian proses survey kepada para Dewan Panelis dilakukan oleh pihak independen, yaitu Roy Morgan Research. 

Nomine dipilih berdasarkan periode tayang program 1 Juni 2020 hingga 31 Mei 2021 dan pemenang ditentukan dari hasil voting melalui platform RCTI+, Instagram IDSA (@indonesiandramaseriesawards) dan SMS dengan cara ketik IDSA (spasi) kode nominasi dan kirim ke 95151. Voting dibuka mulai 30 Juli 2021 sampai 26 Agustus 2021 pukul 00.00 WIB. Selanjutnya hasil voting akan diaudit oleh lembaga audit independen dan pemenang akan diumumkan pada malam puncak IDSA 2021.

“Sebuah tantangan bagi RCTI untuk menyelenggarakan acara besar dan spesial seperti Indonesian Drama Series Awards 2021 di tahun ini. Semua tahapan produksi kami jalankan dengan protokol kesehatan yang ketat. Walaupun begitu Kami tetap akan mempersembahkan konsep malam puncak dengan stage, tata lighting dan grafis serta teknologi yang megah. Jadi patut untuk ditunggu,” kata Head Of Production Operation RCTI, Tiurma Imelda Sinaga.