Pentingnya Keamanan Anak di Dunia Digital dalam Belajar dari Rumah
Foto : Tiga Narasumber seminar virtual bertema Pentingnya Keamanan Anak di Dunia Digital dalam Belajar dari Rumah/ ist

Jakarta, HanTer - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kementerian Kominfo) bersama Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) telah menggelar seminar virtual bertajuk Implementasi Literasi Digital Untuk Keamanan Dan Terhindar Dari Kejahatan Interne.

Kegiatan ini menghadirkan tiga pembicara mumpuni, yakni, Drs. H. Mukhlis Basri (Anggota Komisi I DPR RI), Prof Widodo Muktiyo (Guru Besar UNS) dan Lesty Putri Utami, SH, M.Kn (Anggota DPRD Prov). 

Dalam paparannya Mukhlis menyinggung peran orang tua yang harus berperan penting dalam menjaga kemanan data dan kesehatan mental anak ketika berselancar di Internet.

“Intinya pendampingan orang tua kepada anak sangatlah penting terlebih didalam pandemi ini dengan prosesi pembelajaran melalui internet. Berikan pengetahuan untuk informasi yang benar dan berikan informasi yang salah,” katanya, Sabtu (18/9/2021). 

Hal serupa dijelaskan Widodo bahwa peran orangtua dalam memberikan keperluan anak dengan modalitas kecerdasan kepada anak.

“Selain itu, memberikan anak dengan Informasi yang cepat terutama dengan era digital ini seperti dengan pengetahuan Digital Qutoient. Bahkan, jika anak memiliki pengetahuan juga tentang digital di era ini, tetap ada pendampingan memberikan wawasan kepada anak yang diharapkan akan bisa memilah baik dan buruknya dalam Literasi Digital,” terangnya.

Tak ketinggalan, Lesty Putri Utami  menilai anak-anak memiliki hak dalam digital di era seperti ini.

“Kan anak-anak memiliki sistem sosial, namun peran orang tua sebagai manajemen-kan kepada anak-anak. Intinya lagi, orang tua secara tidak langsung sebagai yang bertanggung jawab dalam apapun yang diakses oleh anak-anak, memberikan pehaman berlebih sesuai dengan usianya,” tutupnya.