Nolimits Fireworks, Menanti Kilau Kembang Api di Langit Papua
Foto : Persiapan pemasangan instalasi kembang api/ ist

Papua, HanTer – Momen olahraga empat tahunan berskala lokal seperti Pekan Olahraga Nasinal (PON) menjadi hal paling menggembirakan bagi para atlet. Bukan hanya bisa menunjukkan bakat dan kemampuannya, tapi harus menggapai prestasi.

Di sisi lain, keberadaan Nolimits Fireworks lewat kreatifitasnya akan menjadi  puncak kemeriahan PON XX dan jadi penyulut semangat para atlet bertanding, sekaligus hiburan menyenangkan bagi warga Papua juga seluruh rakyat Indonesia yang digelar pada 2-15 Oktober 2021.

“Alhamdulillah kami  mendapat kepercayaan  lagi dari panitia PON XX  untuk menyediakan kembang api di acara pembukaan juga penutupan PON. Ini tugas ke lima sejak tahun 2000. PON sendiri berlangsung  setiap empat tahun sekali,” kata CEO Donny Rochyadi, Rabu (22/9/2021).

Dikatakan Donny, sejak tiga bulan ini timnya telah mempersiapkan pertunjukan kembang api spektakuler untuk PON  XX  ini 2021. “Kami masuk Papua dengan rombongan besar. Ada pyrotechnician 20 orang, sementara climber berjumlah 10 orang,” ungkapnya.

Acara pembukaan, kata Donny, akan dilaksanakan di dua  tempat berbeda, yakni di stadion Lukas Enembe dan di atas Jembatan Merah di atas Teluk Youtefa. 

“Ada perbedaan konfigurasi di dua tempat tersebut. Di dalam stadion, karena lokasi tidak terlalu besar,  digunakan kaliber kecil ukuran di bawah 75mm. Sedangkan   di Jembatan digunakan kaliber lebih besar dengan ketinggian kembang api, mencapai 200 meter di udara,” jelasnya.

Nyala kembang api dirancang Nolimits dimulai di dalam stadion dengan konfigurasi yang sangat umum. Setelah selesai, langsung  menyala yang di Jembatan. 

“Pantulan cahaya kembang api akan membuat keindahan berbeda di teluk Youtefa. Apalagi ada kembang api berupa air terjun sepanjang 300 meter! Bisa dibayangkan indahnya pantulan warna warni kembang api saat dinyalakan,” tuturnya.

Dengan menggunakan teknologi firing system yang  biasa dipakai,  nantinya di dalam stadion akan dipasang 4000 pyro,  baik di atap stadion maupun di bawah sekitar panggung. Dengan penyalaan di bagi dalam empat segment. 

Di atas Jembatan, akan dipakai ukuran pyro kaliber lebih besar. “Lebih kurang akan ada 5000 shot  dengan durasi kembang api menyala nonstop sepanjang lima menit,” tambahnya.

Menteri Sandiaga Uno dalam kunjungan kerja  ke Papua sempat bertemu Donny  dan juga ingat soal  kegiatan Firework Festival yang  tertunda karena Pandemi Covid 19. “Insya Allah segera bisa kita laksanakan, bila kondisi  sudah memungkinkan,” kata Sandi.