Begini Tips Sederhana Menjaga Kesehatan Reproduksi Perempuan Indonesia
Foto : Wulan Guritno/ ist

Jakarta, HanTer - Salah satu cara untuk menjaga kesehatan reproduksi adalah dengan merawat kebersihan area kewanitaan atau feminine hygiene. Hal ini merupakan salah satu yang harus diperhatikan oleh perempuan di Indonesia. 

Apalagi, jika tidak ditangani dengan baik, area sensitif ini dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan reproduksi, termasuk keputihan, iritasi, dan infeksi saluran kemih (ISK). Terlebih, bahwa keputihan merupakan salah satu permasalahan kesehatan reproduksi yang paling sering dialami oleh perempuan.

“Ada dua macam keputihan yaitu tipe fisiologis yang disebabkan karena kondisi fisik tertentu seperti menjelang dan sesudah menstruasi serta menjelang ovulasi dan juga tipe patologis, yaitu karena adanya infeksi seperti candidiasis, atau bacterial vaginosis, trichomonas, hingga gonorrhea akibat perempuan tidak menjaga kesehatan reproduksinya," kata dr. Cynthia Susanto, BMedSc, Sp.OG saat acara virtual Andalan Feminine Care, Selasa (5/10/2021).

Sedangka Sexual Health Activist & Educator, Sisilism menjelaskan beberapa tips praktis untuk menjaga kesehatan reproduksi bagi perempuan. Diantaranya, On daily basis, pada saat selesai buang air, usap berulang dari pubic menuju perineum (bukan sebaliknya) dan bersihkan anus secara terpisah. 

Kemudian, bersihkan sekresi cairan di bagian vulva dan menjaganya untuk tidak lembab serta mempertahankan pHnya agar seimbang. Apabila perlu, gunakan feminine wash khusus ketika dibutuhkan. Pilih yang tidak terlalu keras dan sudah teruji klinis. Keringkan dengan handuk atau tisu yang lembut setiap habis buang air atau setelah mandi.

Sebenarnya ada tiga peran utama menjaga kesehatan reproduksi, antara lain, Confidence yang dapat meningkatkan rasa percaya diri perempuan secara signifikan, Happy, meningkatkan kebahagiaan bagi perempuan, In Control, dapat mengurangi dan mengontrol rasa takut dan cemas karena area kewanitaan selalu terjaga kebersihannya. 

“Kami menghadirkan rangkaian produk Andalan Feminine Care Intimate Wash dengan wajah baru yang lebih fresh dan modern, sebagai pembersih area kewanitaan bagi para perempuan aktif dan modern yang dapat membuat perempuan #worryVree karena terbebas dari berbagai permasalahan kebersihan area kewanitaan," kata Marketing Manager DKT Indonesia, Cut Vellayati sambil mengenalkan Feminine Care Intimate Wash yang lebih segar.

Untuk membantu mengedukasi serta meningkatkan kualitas kebersihan area kewanitaan semua perempuan di Indonesia, Andalan Feminine Care ikut berperan serta dalam menyediakan sabun khusus area kewanitaan dengan kandungan berbagai bahan alami yang diformulasi secara khusus, antara lain; Prebiotics Concept, Natural Active Ingredients, Clinically, Gynecologically, & Hypoallergenic Tested.