Liburan Akhir Tahun Sebentar Lagi Tiba, 10 Bali Baru Berikut Bisa Jadi Pilihan
Foto : 10 Bali Baru

Jakarta, HanTer - Libur akhir tahun sebentar lagi tiba. Sudah tahu mau pergi ke mana saat liburan nanti? Kalau belum, 10 Bali Baru bisa menjadi alternatif tujuan wisata, lho! Sebagai informasi, Bali Baru merupakan program pemerintah untuk mempromosikan tempat wisata di Indonesia yang tak kalah indahnya dengan Pulau Dewata.

Oh iya, mengingat pandemi COVID-19 belum usai, pastikan Anda tetap menjaga protokol kesehatan dan jangan lupa untuk mengakses Safe Travel Page Traveloka sebagai panduan perjalanan selama pandemi. Agar Anda dan keluarga bisa tetap berlibur dan terlindungi dari virus corona.

1. Danau Toba, Sumatera Utara

Kecantikan Danau Toba memang tiada duanya. Paduan antara barisan perbukitan hijau dengan perairan yang luas pun sukses membius siapa pun yang berkunjung. Berwisata ke Danau Toba akan terasa lebih menyenangkan ketika Anda menaiki kapal mengelilingi Danau Toba.

Aktivitas lain yang bisa Anda lakukan untuk menciptakan momen liburan tak terlupakan adalah melakukan glamping di Desa Adat Meat yang berlokasi di pinggiran Danau Toba. Satu hal lagi yang tidak boleh dilewatkan mencicipi olahan ikan mas naniura khas Danau Toba. 

2. Pantai Tanjung Kelayang, Bangka Belitung

Jika pernah menonton film Laskar Pelangi, Anda pasti tidak asing dengan pemandangan Pantai Tanjung Kelayang. Sepotong surga di Semenanjung Belitung ini sering menjadi destinasi impian para wisatawan, lho.

Selain cantik, pemandangan Pantai Tanjung Kelayang juga terkesan unik. Di salah satu sisi pantai, Anda akan menemukan kumpulan batu granit berukuran raksasa. Sementara di sisi lainnya hamparan pasir putih dengan air laut berwarna jernih pun mampu membuat siapa saja betah berlama-lama.

3. Tanjung Lesung, Banten

Berlokasi di barat Pulau Jawa, Tanjung Lesung menawarkan pemandangan pantai pasir putih yang menawan. Sejumlah water sport seperti jetski, banana boat, dan kano telah disediakan oleh pihak pengelola untuk meningkatkan pengalaman liburan para pengunjung.

Selain bermain water sport, wisatawan juga bisa menyelami keindahan bawah laut yang ada di Pantai Tanjung Lesung. Begitu puas melihat-lihat biota laut Pantai Tanjung Lesung, Anda bisa menutup perjalanan dengan berburu sunset di lokasi ini.

4. Kepulauan Seribu, Jakarta

Bosan dengan hiruk pikuk Ibu Kota? Anda bisa melipir ke kawasan utara Jakarta untuk menyeberang ke Kepulauan Seribu. Kepulauan Seribu sendiri terdiri dari gugusan pulau kecil nan eksotis, seperti Pulau Tidung, Pulau Payung, Pulau Pari, Pulau Pramuka, dan Pulau Harapan.

Mengunjungi Kepulauan Seribu terasa kurang lengkap kalau Anda belum menjelajahi keelokan karang-karang laut yang ada di sana. Menjelang malam, wisatawan juga akan dibuat terpukau oleh pemandangan langit saat matahari tenggelam.

5. Candi Borobudur, Jawa Tengah

Candi Borobudur dikenal sebagai candi terbesar di Indonesia dan telah dinobatkan sebagai salah satu warisan budaya dunia oleh UNESCO. Setiap Hari Tri Suci Waisak, tempat ini akan dipadati oleh pengunjung yang ingin melakukan ziarah keagamaan.

Biasanya wisatawan yang berkunjung ke sini penasaran untuk pergi ke puncak candi demi bisa menikmati pemandangan alam sekitar dari ketinggian. Kalau Anda tidak suka aktivitas yang melelahkan, bersepeda atau menaiki gajah keliling Candi Borobudur adalah alternatif terbaik.

6. Gunung Bromo, Jawa Timur

Memiliki ketinggian sekitar 2.392 meter di atas permukaan laut, Gunung Bromo dianggap sebagai gunung paling suci bagi Suku Tengger. Sementara bagi para turis, Gunung Bromo menjadi destinasi wisata yang wajib dikunjungi saat berada di Jawa Timur.

Perjalanan ke Gunung Bromo akan terasa istimewa jika Anda memulainya sejak dini hari agar bisa menyaksikan panorama sunrise yang menawan dari Puncak Penanjakan. Setelah matahari terbit, Anda bisa melanjutkan perjalanan menuju kawah Gunung Bromo atau mengunjungi spot foto terbaik yang ada kawasan Bukit Teletubbies.

7. Mandalika, Nusa Tenggara Barat

Demi menciptakan pengalaman liburan yang berkesan, coba ajak keluarga mengunjungi kawasan Mandalika, Nusa Tenggara Barat. Untuk mendapatkan penawaran terbang terbaik ke sana, Anda bisa cek tiket pesawatnya di Traveloka.

Daerah yang akan menjadi tuan rumah MotoGP 2021 ini menyimpan potensi wisata alam yang menjanjikan. Sebut saja Pantai Selong, Pantai Tanjung Aan, Pantai Ubrug, dan Pantai Kuta. Keempat pantai tersebut memiliki ombak yang ramah bagi para peselancar.

8. Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur

Bukan tanpa alasan kalau pemerintah menunjuk Labuan Bajo sebagai Bali Baru. Pasalnya, Labuan Bajo dihiasi oleh deretan pantai cantik yang memanjakan mata. Selain itu, Labuan Bajo juga menjadi gerbang utama menuju pulau-pulau eksotis yang ada di kawasan Taman Nasional Komodo.

Beberapa kegiatan menarik yang wajib dicoba selama di Labuan Bajo adalah berfoto di puncak Pulau Padar, mengunjungi habitat asli komodo di Pulau Komodo, dan berenang bersama ikan pari manta di Makassar Reef.

9. Wakatobi, Sulawesi Utara

Sama seperti Labuan Bajo, Wakatobi juga terkenal akan keelokan pantai-pantainya. Ya, Taman Nasional Wakatobi ini memang menjadi rumah bagi beraneka ragam biota laut dan terumbu karang. Inilah alasan mengapa banyak penyelam dunia yang penasaran untuk mengeksplorasi panorama bawah laut Wakatobi.

Selagi di Wakatobi, Anda juga bisa menyisiri kearifan lokal Suku Bajo. Suku Bajo dikenal ulung dalam bertahan hidup di lautan. Bahkan, masyarakat Suku Bajo dikabarkan mampu menyelam hingga kedalaman 60 meter tanpa alat bantu nafas modern. Keren, kan?

10. Pulau Morotai, Maluku Utara

Bali Baru yang kesepuluh adalah Pulau Morotai di Maluku Utara. Bagi sebagian wisatawan, namanya mungkin terdengar asing meskipun faktanya Pulau Morotai menyimpan pesona yang luar biasa.

Selain pemandangan pantai yang cantik dengan keanekaragaman biota laut, Pulau Morotai juga menawarkan cerita sejarah yang kuat mengingat tempat ini pernah menjadi lapangan terbang untuk Jepang selama Perang Dunia II.

Jadi, sudah tahu Bali Baru mana yang akan menjadi tempat liburan akhir tahun nanti? Nah, untuk menghemat bujet perjalanan hingga Rp 1 juta, Anda bisa berburu promo penerbangan murah lewat EPIC Sale Traveloka yang berlangsung mulai tanggal 5-11 Oktober 2021. Jangan sampai ketinggalan, ya!