Semua Pihak Diimbau Pandai Menyikapi Pentingnya Literasi Digital di Masa Pandemi
Foto : Utut Adianto salah satu narasumber/ ist

Jakarta, HanTer - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kementerian Kominfo) bersama Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) telah menggelar seminar virtual bertajuk Urgensi Literasi Digital Dalam Masa Pandemi.

Tiga narasumber handal dihadirkan dalam acara tersebut, yakni, Drs. Utut Adianto (Wakil Ketua Komisi I DPR RI), Semuel Abrijani Pangerapan, B.Sc (Dirjen Aplikasi dan Informatika Kemkominfo RI) dan Ristawati Purwaningsin, S.ST. MM (Wakil Bupati Kebumen).

Dalam paparannya, Utut Adianto menyampaikan kepada semua peserta dengan berbagai latar belakang, seperti mahasiswa hingga UMKM dan masyarakat Kebumen diharapkan lebih jeli dalam mengambil penggunaan literasi digital karena cukup tipis membedakan sebuah fakta dan hoax.

“Dalam literasi digital bukan hanya dinikmati oleh seluruh warga, namun kita membuat masyarakat untuk juga berkembang dalam penggunaannya, terutama untuk masyarakat Kebumen,” katanya, Selasa (19/10/2021).

Hal senada dikatakan Semuel Abrijani Pangerapan terkait situasi di masa pandemi dan pesatnya teknologi telah merubah aktivitas seluruh masyarakat dalam melakukan kegiatan dan mengajak masyarakat untuk ikut serta dalam transformasi digital Indonesia. 

“Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan mewujudkan masyarakat digital dimana kemampuan literasi digital masyarakat memegang peran yang sangat penting. Karena dalam upaya transformasi digital, pemerintah tidak dapat bergerak sendiri sehingga peran masyarakat sangat dibutuhkan,” terangnya.

Ditambahkan Semuel, sehingga Kominfo dan Siber Kreasi serta stakeholder lainnya terus berupaya mengadakan kegiatan guna mencapai tingkat literasi yang optimal. 

Sedangkan, Ristawati Purwaningsin menegaskan melalui literasi digital diharapkan menjadi sarana pemulihan ekonomi. Apalagi, pihaknya sudah memiliki program Desa Melek Interner (DESMELI) meningkatkan pedesaan dengan peningkatan sarana prasarana jaringan internet.

“Dengan upaya-upayan pemerintah meningkatkan sarana literasi digital yang ada di kabupaten untuk juga meningkatkan perekonomian dari masyarakat Kebumen. Tentunya, dengan kita mempublish dari hasil tanam kita hasil karya kita, salah satunya juga tidak melulu kita mengonsumsi hal-hal dari luar negeri,” tuturnya.