Rilis Lagu Genre Tradisional Kontemporer, Duet Mijan-Sindy Imbau Jangan Takut Setan
Foto : Kolaborasi penyanyi Mijan-Syndi/ ist

Jakarta, HanTer – Pernah menjadi aktor dalam sebuah film Indonesia, tak menbuat puas Mbah Mijan. Buktinya, ia mencoba menjajal kemampuannya berolah vokal dengan meluncurkan single berjudul Setan Ora Doyan Demit Ora Ndulit.

Lagu ini memang terkesan kocak, karena makhluk yang dunianya berbeda dengan manusia. Kendati demikian, bukan tanpa alasan Mijan memilih judul tersebut lantara ada pesan yang ingin disampaikan.

“Kalau maknanya berpesan bahwa manusia makhluk sempurna, nggak boleh takut dengan setan iblis. Selain itu, di situ saya juga bahas bahwa mahluk halus ini ciptaan Tuhan juga, jangan takut sama mereka,” katanya, Kamis (11/11/2021).

Diakui Mijan, di single ini ia berduet dengan Sindy Purbawati yang dikenal sebagai Sinden Roker Indonesia. 

“Intinya saya mencari teman duet bukan dari suara atau wajah. Saya seleksi teman dekat yang profesinya penyanyi. Nah, saya ketemu dengan Sindy secara soul yang tepat karena lagu ini sarat makna,” jelasnya.

Terkait genre lagu yang dipilih, MIjan mengaku tradisonal kontemporer yang nuansanya dibikin benar-benar lengkap.

Menggabungkan warna musik Jawa Sunda dan Bal serta ada bumbu rock.

“Lagu sangat unik dan beda dari kebanyakan. Gabungan dari musik tradisional kontemporer ini merupakan ajakan untuk melestarikan dan menjaga budaya bangsa, wong jowo ojo ilang jowone,” tambahnya.

Lagu karya Pancal ini di aransemen oleh Pancal Record, sedangkan produsernya langsung ditangani Mbah Mijan sekaligus penyanyi.

“Saya berharap masyarakat bukan menerima dari suara saya, tapi makna yang tekandung di dalam lagu ini. Mari kita semakin mendekatkan diri kepada Tuhan, jangan takut pada setan dan lainnya. Jangan lupa lestarikan budaya adat tradisi yang sudah dimulai oleh leluhur kita, karena bangsa yang besar adalah bangsa yang mengingat sejarah, mengingat pahlawan dan melestarikan adat tradisi dan budayanya,” tutupnya.