Hidup Sehat Perhatikan Kadar Garam, Prof Ahmad: Bumbu Umami Jadi Solusi
Foto : Prof Ahmad narasumber di peringatan Hari Kesehatan Nasional/ ist

Jakarta, HanTer - Sejauh ini mengonsumsi garam secara berlebihan dapat memicu munculnya penyakit degeneratif seperti hipertensi. Maka itu, penting untuk kita mengontrol asupan garam ke dalam menu sehari-hari agar menjauhi penyanyi kanker. 

Nah, salah satu strategi untuk mewujudkan hidup sehat yaitu dengan pengendalian asupan garam. Hanya, makanan umumnya tak akan terasa nikmat jika rasanya hambar alias tanpa garam.

“Intinya kalau mau makanan yang kita konsumsi memiliki cita rasa yang tinggi tapi ingin juga diet rendah garam, penggunaan bumbu umami seperti MSG bisa dijadikan solusi," kata Guru Besar Keamanan & Gizi Pangan Fakultas Ekologi Manusia (FEMA) IPB Prof Ahmad Sulaeman saat Media Gathering Ajinomoto dalam rangka peringatan Hari Kesehatan Nasional, Jumat (12/11/2021).

Dikatakannya, untuk menyiasati semua itu Prof Ahmad merekomendasikan penggunaan bumbu umami yang terdapat dalam monosodium glutamate (MSG).

Misalnya pada hasil kajian Wallace et al (2019), dinyatakan bahwa berdasarkan hasil review berbagai penelitian, penambahan glutamate bisa menurunkan kandungan sodium pada produk antara 22%-54% tanpa mengubah rasa maupun karakteristik produk.

Lalu, diterangkan pula bahwa penambahan glutamate pada kategori produk savory tertentu mempunyai potensi untuk membantu mengurangi asupan sodium sekitar 3% dan mengurangi asupan 7,3% di antara konsumen kategori produk di mana sodium bisa disubstitusi oleh glutamate.

Hal senana diungkapkan Grant Senjaya, Public Relations Dept. Manager PT Ajinomoto Indonesia yang mengingatkan semua pihak tentang pentingnya menerapkan gaya hidup sehat terutama di masa pandemi Covid-19.

“Kami berharap, melalui program ini tersebar informasi betapa pentingnya penerapan gaya hidup sehat dan juga fakta informatif dan ilmiah tentang bumbu umami, seperti MSG (Monosodium Glutamate). Semoga kegiatan virtual ini menjadi sarana untuk mengedukasi masyarakat terkait produk-produk bumbu Ajinomoto yang terbuat dari bahan-bahan pilihan dan alami,” jelasnya.

Ditambahkannya, jika ingin makanan yang dikonsumsi memiliki cita rasa yang tinggi, namun juga ingin diet rendah garam, dengan menggunakan bumbu umami seperti MSG (Monosodium Glutamate) bisa dijadikan solusi.