Rilis Lagu Sepanjang Nafas Karya Ria Prawiro, Mark Pattie Ditantang Pamer Suara Indahnya
Foto : Ria Prawiro & Mark Pattie/ ist

Jakarta, HanTer - Dalam waktu kurang setahun, karya lagu Ria Prawiro dua kali dibawakan penyanyi muda berbakat Mark Pattie. Lagu pertama Tetap Cinta  dirilis Juni 2021. Lagu ini menuai  sukses dengan bisa menarik lebih dari 175.000 viewers di YouTube. 

Nah, November 2021 ini lewat Sepanjang Nafas, Ria kembali mempercayakan lagunya dinyanyikan Mark. Lagu ini telah dirilis di sejumlah platform streaming musik juga Youtube.

“Sesungguhnya tak ada  batas waktu yang baku untuk merilis single kedua, dari seorang penyanyi baru. Kebetulan, single Tetap Cinta lumayan bagus mendapat sambutan masyarakat. Dan kami cukup happy melihat hasilnya. Secara spontan, saya punya lagu untuk single kedua Mark. Kebetulan, sebagai solois, Mark juga perlu memiliki lagu sendiri, terlebih kalau ia mulai membuat gigi,” kata Ria Prawiro, Selasa (16/11/2021).

Di tahun 2021, Ria sendiri memang terkesan semakin produktif dalam menulis lagu. Seusai melepas Tetap Cinta, Ria menulis, menyanyikan sekaligus merilis lagu karyanya sendiri  berjudul Lilin Terang. Kemudian memperkenalkan lagu baru Sepanjang Nafas untuk dinyanyikan Mark.

"Durasi  dalam proses mencipta lagu buat saya sangat relatif. Biasanya, jika sudah ada bayangan nada yang menari-nari di kepala, prosesnya malah jauh lebih cepat," kata Ria yang memainkan tuts piano untuk menyatukan inspirasi menjadi lagu.
Sepanjang Nafas menjadi lagu pop romantis yang musiknya lebih light dibanding Tetap Cinta.  Juan Mandagie  berperan sebagai arranger, sementara  Gihon Lahonda, sebagai Music Producer menempatkan aksen light string yang dramatis untuk memperkuat lagu.  

Sebagai penyanyi, Mark mengaku menyukai bagian reffrain. “Lagu itu  terkesan mahal banget, terutama pada  bait Kukan abadi, Kau milikku Bagian itu enak banget. Mahal banget. Saya yakin pada bagian itu banyak hati yang meleleh saat mendengarnya,” ungkap Mark dengan tergelak.

Mark yang selama ini terkenal sebagai penyanyi RnB mengaku pola menyanyi di lagu Sepanjang Nafas, sangat berbeda Tetap Cinta. 

“Di  lagu baru ini, saya harus meredam emosi saat bernyanyi. Bahkan sebelum rekaman, saya berulang-ulang  menanamkan dalam benak, agar hanya bernyanyi dengan santai,” ungkap pria berdarah Ambon, kelahiran 20 Maret 1997.

Menurut Mark, sebelum rekaman, ia juga mendapat pesan dari Ria Prawiro, bahwa lagu ini tidak memerlukan tambahan sesuatu kreasi dari vokalnya. “Lagu ini hanya memerlukan saya bernyanyi dengan manis,” ungkap Mark.

Penerus Male Singers 

Ria sangat berharap lagu yang dinyanyikan Mark Pattie, bisa menjadi lagu yang menjadi identitas kuat bagi perjalanan karier Mark di dunia musik Indonesia. 

Untuk itu, menurut Ria, selain memunculkan lagu baru bagi Mark, Kariza Productions  berencana  membuatkan panggung, di mana  Mark harus mau tampil membawakan lagu miliknya sendiri.  

“Selain Mark memiliki agenda  pribadi untuk menyanyi di berbagai acara, termasuk di wedding, kami  juga merancang sebuah show case di Bandung, selepas Mark menggelar hearing dengan beberapa radio Bandung. Di situ, ia punya panggung sendiri dan memamerkan lagu dan suaranya,” jelasnya.

Mark Pattie yang pernah muncul di ajang The Voice Indonesia 2016 dan pernah berkolaborasi dengan rapper legendaris Saykoji dalam album Hope (2016) ini,  diharapkan Ria  mampu menjadi penyanyi pria mapan dan punya ciri khas. Seperti Utha Likumahua  yang terkenal dengan lagu Sesaat Kau Hadir, Yopie Latul  dengan Ayun Langkahmu, dan  lain-lain.

“Iya, impian besar saya memang jadi penyanyi yang mendunia. Bisa manggung dan tour ke mancanegara. Dan lagu saya   bisa dikenal luas ke seluruh dunia. Tapi  jujur, saya  masih perlu banyak belajar,” tutupnya.