Tujuh Film Pendek Terbaik Bakal Hadir di Sagara Film Festival
Foto : Dedy Mizwar/ ist

Jakarta, HanTer – Nama SAGARA atau SA.GA.RA adalah kata yang diambil dari bahasa sansakerta yang berarti Samudera atau Lautan. Dalam ilmu kemaritiman, laut dapat disimbolkan sebagai semangat baru. Nah, bagi Indonesia lautan merupakan pemersatu ribuan pulau yang ada di Nusantara. 

SAGARA yang berarti Sejuta Gagasan Nusantara adalah sebuah lembaga yang berperan untuk menampung dan membagikan semangat berjuta gagasan positif untuk kemajuan seni budaya, sastra dan ekraf di Indonesia yang bersifat mendunia. Selain itu, memiliki makna lain, yaitu Saya Gelombang Rakyat dan Satu Gelombang Rakyat. 

SAGARA dengan segala rancangan programnya diharapkan mampu menampung, membentuk dan menjadikan berbagai individu maupun komunitas yang kreatif dan dapat mengetahui lebih dalam seputar perfilman, sastra, budaya dan juga ekraf.

Oleh karenanya, Sagara berinisiatif membuat sebuah kegiatan yang menjadi wadah untuk seluruh masyarakat Indonesia dalam merepresentasikan budaya, kreatifitas dan imajinasinya dalam sebuah karya berbentuk film pendek dengan mengadakan Sagara Film Festival. 

Bukan itu saja, Sagara juga akan melaksanakan awarding sekaligus rilis Sagara Movement yang akan dilaksanakan pada, Ahad 9 Januari 2022.

Sagara Film Festival merupakan kegitan yang dipimpin oleh H. Dedy Mizwar sebagai ketua Bidang Seni Budaya dan Ekraf Partai Gelora Indonesia dalam rangka HUT ke-2 Partai gelora Indonesia. 

Sagara Film festival ini diperuntukkan untuk penggiat film khususnya generasi muda Indonesia yang mempunyai keterampilan dan mau belajar tentang dunia perfilman. 

Show Your Culture With Short Movie adalah tema yang diangkat oleh Sagara Film Festival dengan harapan bahwa generasi muda Indonesia mampu merepresentasikan budaya, kreativitas dan imajinasinya dalam sebuah karya berbentuk film pendek. 

Festival ini mulai dilaunching pada 28 Oktober 2021 yang berbarengan dengan Hari Sumpah Pemuda dan juga HUT Ke- 2 Partai Gelora Indonesia. Setelah itu, dari 1 November – 10 Desember 2021 dibukanya masa pendaftaran peserta Sagara Film Festival. 

Hingga pada 10 Desember 2021 yang merupakan hari terakhir dibukanya pendaftaran Sagara Film Festival terkumpul sebanyak 104 pendaftar dan 104 Film yang siap untuk dilombakan di Sagara Film Festival. 

Film-film yang telah terdaftar ini, nantinya akan diseleksi oleh Dewan Juri untuk dinilai dan dipilih ke dalam tujuh kategori pemenang yang nantinya awarding ini akan dilaksanakan pada 9 Januari 2022. Tujuh kategori pemenang tersebut, diantarany: 

Kategori Film Terbaik
Kategori Aktor Terbaik
Kategori Aktris Terbaik
Kategori Sutradara Terbaik
Kategori Penata Kamera Terbaik
Kategori Penulis Skenario Terbaik
Kategori Film Terfavorit

Selama proses penyeleksian film ini terdapat tiga Dewan Juri yang bertugas untuk menilai film mana yang sesuai dengan kategori-kategori di atas. Ketiga Dewan Juri tersebu, yakni Andy Shafik (Produser Film), Hadrianus Eko Sunu (Praktisi Film dan Akademisi Film Institut Kesenian Jakarta dan Owner Synchronize sound) dan Endjah Prabowo (Paktisi Film dan Asosiasi Indonesia Film Editor)