Tambah Layanan Poliklinik Khusus, Cara jitu  Kurangi Antrian Pasien Jantung  
Foto : dr. Dewa Ketut Oka/ ist

Badung, HanTer - Penyakit jantung adalah kondisi ketika jantung mengalami gangguan. Bentuk gangguan  bermacam-macam, misalnya berupa gangguan pada pembuluh darah jantung, katup jantung, atau otot jantung.

Penyakit jantung juga dapat disebabkan oleh infeksi atau kelainan lahir. Maka dari itu kenyamanan dan keamanan pasien dengan penyakit jantung sangat menjadi prioritas bagi pelayanan di setiap rumah sakit.

Seperti dilakukan Rumah Sakit Siloam Bali yang telah membuka klinik khusus pasien jantung, berupa ruang pemeriksaan serta alat penunjang diagnosa terbaik seperti Treadmill, Echo, dan ECG. 

"Sebenarnya kita sudah memiliki poliklinik jantung di lantai tiga, ada tiga ruangan poliklinik kemudian di bawah di tempat MCU ada dua ruangan poliklinik untuk dua dokter yang praktek di sana. Sering sekali terjadi bahwa yang di bawah itu terlalu banyak pasien, kekurangan tempat duduk dan physical distancing tidak bisa kita atur karena itu gabung antara medical check-up dengan pelayanan jantung. Nah itu yang kita jadi pemikiran sehingga ini harus dipisahkan dan menjadi tempat poliklinik Jantung," kata Direktur Siloam Hospitals Bali,  dr. Dewa Ketut Oka, Jumat (7/1/2022). 

Dikatakannya, layanan jantung ini sudah lama hanya saja tempatnya yang baru. Fasilitasnya pun tetap sama seperti yang sudah ada sebelumnya. Dan fasilitas kesehatannya juga cukup lengkap.

“Kita juga didukung oleh dokter spesialis yang handal. Juga staf dan perawat yang sesuai di bidangnya. Kita juga menerima semua tipe pasien, baik pasien umum, pasien asuransi yang meliputi asuransi pemerintah maupun swasta,” terangnya.