Manjakan Pecinta Ikan Cupang, CAF Betta Festival Rebut Hadiah Rp 500 Juta
Foto : Pihak penyelenggara CAF Betta Festival di Bandung/ dok

Jakarta, HanTer – Bagi penggemar ikan cupang maupun ikan hias mungkin bisa berbangga hati terkait hobi uniknya itu. Pasalnya, dalam waktu dekat ini bakal ada lomba yang ikan hias dengan total hadiah mencapai Rp 500 juta.

Ya, mengawali tahun 2022, kompetisi Betta Fish terbesar di Indonesia akan digelar berupa kontes ribuan ikan cupang dan memamerkan lebih dari 4200 ekor ikan hias.

Gelaran terbesar ini akan diselenggarakan di Trans Studio Mall, Bandung, pada 13-16 Januari 2022 dan akan dihadiri oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno.

PT Cahaya Anugrah Firdaus (CAF) selaku penggagas acara bertajuk Caf Betta Festivak terinspirasi dari manfaat ikan hias di Indonesia yang sangat berpengaruh pada perekonomian bangsa Indonesia, karena Indonesia merupakan salah satu negara pengekspor ikan non-konsumsi atau ikan hias di dunia. 

“Intinya acara ini kami gagas bersama dewan dan komunitas penggiat cupang Indonesia bekerjasama dengan para pelaku usaha kecil. Pesertanya diikuti oleh seluruh komponen pemangku kepentingan cupang di seluruh Indonesia. CAF Betta Festival juga menawarkan hadiah yang cukup fantastis dengan nilai total sebesar Rp500 juta,” kata Event Director of CAF Betta Festival, Zaenal Somantri saat virtual bersama awak media, Senin (10/1/2022).

Dikatakan Zaenal, kompetisi ini akan dinilai dewan juri dengan jumlah terbanyak se-Indonesia yaitu 11 Juri SNI dan 11 Juri IBC (total 22 juri yang semuanya bersertifikasi). 

Program acara yang digelar selama empat hari ini terbagi menjadi beberapa segmen. Diantaranya, Batch In Cupang Peserta (13 Januari), Penjurian Kompetisi Cupang Tahap-1 (14 Januari), Penjuarian Kompetisi Cupang Tahap-2 & Pengumuman Pemenang Tahap-1 (15 Januari), Pengumuman Pemenang Juara Umum & Grand Champion (16 Januari).

“Bagi juara umum SNI Grand Champion IBC akan mendapatkan hadiah senilai Rp 25 juta. Satu unit Yamaha NMAX untuk Kategori Best of Show IBC. Dua unit Yamaha LEXY untuk kategori Best of Optional IBC dan Best of Form (Reguler). Satu unit Yamaha MIO M3 untuk Kategori Best of Form (Baby). Total hadiah 161 juta rupiah untuk Kategori Best of Division (Reguler & Optional). Dan total hadiah 70 juta rupiah untuk Grand Champion SNI,” terang Zaenal.

Soal pembagian kategori terdiri dari 2 kelas yaitu International Betta Congress (IBC) dan Standar Nasional Indonesia (SNI), dengan total kelas cupang yang dikompetisikan sebanyak 173 kelas untuk IBC dan SNI. 

CAF Betta Festival yang mengambil tema Pride of Local Culture melibatkan para pengusaha, UMKM dan pembudidaya dalam satu forum kegiatan yang benar-benar konkret, terukur, meningkatkan ekonomi para pelaku usaha di bidang ikan hias melalui booth-booth pameran. 

Acara ini tidak hanya melulu mengenai kompetisi Betta Fish saja, melainkan juga Betta Fish Auction (lelang ikan cupang), Betta Fish Coaching Class, Talkshow, Habit Culture serta Festival Kuliner yang menghadirkan aneka booth Cemilan Nusantara.

“Sejauh ini kami berharap, melalui kegiatan CAF Betta Festival bisa menyumbang kontribusi lebih besar lagi dari potensi yang sudah ada saat ini. Semoga dengan adanya kegatan ini juga dapat memulihkan dan menggairahkan kembali perekonomian Indonesia pasca pandemi,” kata CEO CAF Group, Yanuar Anugrah. 

Katgori Penilian

Bentuk tubuh yang proporsional, sisik-sisik yang bagus dan sirip yang rapid dan utuh.Ukuran badan ikan cupang jantan paling tidak panjangnya 1.5 inch, sementara untuk betina adalah 1.25 inch.

Untuk cupang bonsai harus memiliki bentuk tubuh yang minim dan unik. Warna dasar akan mendapat nilai. Ukuran sirip jantan seperti sirip dorsal paling tidak panjangnya adalah 1.5, sirip caudal 1,5, sirip anal 1,5, sirip ventral panjangnya mendekati sirip anal dan sirip petrocal semakin lebar semakin nilainya tinggi.

Untuk warna kombinasi nilai akan tinggi jika komposisi warna tubuh dan sirip harmonis. Ikan cupang terlihat seimbang antara badan dan sirip. Badan harus terlihat simetris antara bagian atas dan bawahnya apabila ditarik lurus di bagian tengah.

Untuk warna mascot, nilai tinggi bila warna tubuh dan sirip gradasinya terlihat dan proporsional.    Ukuran ikan cupang harus besar dan seimbang antara badan dan sirip. Bentuk badan ikan harus mendukung bentuk sirip dan tidak saling berlawanan.