Food and Creative Park Thamrin 10, Tempat Nongkrong Pecinta Kuliner

Harian Terbit/Sammy
Food and Creative Park Thamrin 10, Tempat Nongkrong Pecinta Kuliner

Food and Creative Park yang berada di Thamrin 10, Jalan MH Thamrin Jakarta Pusat, rasanya bakal jadi hit bagi para pencinta kuliner dan tukang nongkrong. Meski masih belum selesai pembangunannya, dan baru mencapai sekitar 90 persen, sudah banyak warga yang datang berkunjung.

Adapun lahan seluas 8.000 meter ini dulunya merupakan park and ride alias tempat parkir kendaraan. Namun, karena sudah tidak digunakan lagi, lahan itu disulap menjadi ruang publik bagi warga.

Selain letaknya yang cukup strategis dan berada di pusat kota Jakarta, ada 54 gerai makanan yang hadir di sana, dan patut untuk dicoba.

Fasilitas yang ada pun terbilang sudah cukup lengkap. Meski Food and Creative Park Thamrin 10 ini baru akan diresmikan pada Januari 2020 mendatang.

Manager Thamrin 10 Perumda Pasar Jaya, Amron Situmorang, mengatakan sejak soft lauching pada Jumat (20/12/2019) lalu, hingga Senin (23/12/2019), antusiasme pengujung sangat tinggi. Terlebih, saat jam makan siang dan pulang kantor

Pada jam makan siang, biasanya didatangi oleh para karyawan yang berkantor di kawasan Jalan MH Thamrin. Sedangkan di malam hari, kebanyakan pengunjung adalah para milenial. Apalagi saat  ada acara musik yang ditampilkan.

"Antusiasme cukup tinggi ya. Kita bisa lihat di siang hari biasanya para karyawan di sekitar Thamrin memanfaatkan untuk makan siang.Malam juga banyak yang datang, karena kami juga menampilkan live music," kata Amron di Jakarta, Rabu (25/12/2019).

Meski belum dapat memastikan jumlah pengunjung per hari, ia memperkirakan terdapat sekitar 2.000 orang setiap harinya. Bahkan, kata dia, jumlah pengunjung malam lebih besar ternyata dari siang.

Wadah Interaksi

Amron mengungkap, pihaknya mengubah lahan 8.000 meter persegi ini menjadi Park and Food karena ingin memberikan wadah bagi masyarakat, untuk berinteraksi sekaligus dapat menjajal kuliner yang tersedia. Bahkan beberapa komunitas pun bisa memanfaatkan taman ini untuk berekspresi.

"Kita lebih ke welcome kolaborasi, makannya siapapun bisa memanfaatkannya. Bahkan nanti kita juga ingin hadirkan acara komedi dan literasi di sini. Jadi konsepnya lebih ke milenial," katanya.

Secara kategori, Amron menyebut jika makanan yang dihadirkan di Park and Food Thamrin 10 terdapat makanan Nusantara seperti soto, batagor, dan juga beberapa makanan kekinian. Kendati baru 54 tenant yang tersedia, ia tak menampik jumlahnya juga akan ditambah.

"Kemungkinan bisa ditambah.lahan ini sendiri bisa lah menampung 100 tenant.mMlah nanti bisa double dacker ke atas," katanya.

Kawasan ini akan beroperasi mulai pukul 10.00WIB hingga pukul 22.00WIB. Pada akhir pekan beroperasi hingga pukul 24.00WIB.

Sinergi BUMD

Sistem Park and Food Thamrin 10 ini mengunakan sistem pembayaran nontunai (cashless), menggunakan JakCard, JakLingko dan JakOne Mobile. Jakcard sendiri tersedia di salah satu kedai dengan harga Rp20.000.

Dalam rangka mewujudkan sinergi antar BUMD DKI Jakarta, Bank DKI bersama Perumda Pasar Jaya turut mengembangkan Kawasan kuliner yang berada di Thamrin 10. Pengembangan kawasan kuliner tersebut mencakup pemilihan UMKM binaan Dinas UMKM DKI Jakarta dan dukungan sistem pembayaran Kawasan Kuliner Thamrin 10.

"Pengunjung Thamrin 10 dapat melakukan transaksi pembayaran dengan menggunakan JakCard, JakLingko, dan JakOne Mobile," ujar Herry di Jakarta, Rabu (25/12/2019).

Lebih lanjut, Herry menyampaikan harapannya agar Thamrin 10 dapat menjadi sentra kuliner baru bagi warga DKI Jakarta khususnya di Jakarta Pusat. Mengingat lokasinya yang strategis, ia pun berharap Kawasan kuliner Thamrin 10 dapat memberikan kontribusi yang signifikan untuk pemasaran produk digital banking Bank DKI.

Untuk menyemarakkan tempat ini nantinya secara rutin akan digelar band yang menampilkan musik akustik. Rencananya musik akustik akan mulai sejak pukul 18.30WIB sampai 22.00WIB setiap senin-jumat dan hingga pukul 24.00WIB pada hari sabtu dan minggu.

Sementara dalam memberikan kemudahan pembayaran, Bank DKI menyiapkan sistem pembayaran dengan menggunakan JakCard dan JakOne Mobile. Cara melakukan  pembayaran dengan JakCard cukup mudah dimana pengunjung Thamrin 10 tinggal melakukan tapping JakCard pada EDC yang tersedia di masing-masing tenant UMKM.

Sedangkan untuk pembayaran menggunakan JakOne Mobile, pengunjung Thamrin 10 yang sudah mendownload JakOne  Mobile tinggal melakukan scan pada QR Code yang keluar dari EDC. Selain melakukan pembayaran, pengunjung Thamrin 10 dapat melakukan pembelian dan top up kartu JakCard.