Abu Bakar Basyir Bebas Hari Ini

yp
Abu Bakar Basyir Bebas Hari Ini
Abu Bakar Baasyir.Foto: antara/reno esnir

BOGOR – Abu Bakar Baasyir akan bebas murni hari ini, Jumat (8/1/2021). Ia akan keluar dari LP Gunung Sindur, Bogor, Jawa Barat, usai menjalani hukuman sebagai narapidana terorisme.

Baasyir divonis  hukuman 15 tahun penjara. Namun ia mendapat berbagai pengurangan hukuman higga hanya menjalani kurungan 9 tahun penjara dan bebas hari ini.

Ia akan dijemput putranya, tim kuasa hukum dan dokter. Keluarga meminta simpatisan ayahnya tak ikut datang menyambut, baik saat keluar dari Gunung Sindur maupun ketika sampai di kediaman mereka di Ngruki, Sukoharjo, Jawa Tengah, karena suasana yang tengah pandemi Covid-19.

Pemerintah tak akan memberi perlakuan khusus atas bebasnya Baasyir. “Itu hak ABB secara hokum untuk bebas  karena dia telah menjalani hukumannya secara penuh,” ujar Mahfud MD, Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Hak Azazi Manusia, Rabu (7/1/2021).

Kapolda Jawa Tengah, Irjen Ahmad Lutfi,  juga mengatakan tak ada pengamanan khusus atas kepulangan Baasyir. Apalagi keluarga juga sudah membuat maklumat untuk masyarakat agar tak datang menyambut. “Jadi kita mengamankan secukupnya saja,” ujarnya, Rabu, 7 Januari 2021. (*/yp)