Vaksinasi Lansia

Ajak Lansia Vaksinasi, Petugas Antar Undangan dari Rumah ke Rumah

yp
Ajak Lansia Vaksinasi, Petugas Antar Undangan dari Rumah ke Rumah
Petugas datang ke rumah-rumah warga di Kampung Pulo, Jakarta Pusat, mengantar undangan vaksinasi untuk lansia. (ist)

JAKARTA - Demi mengajak warga lanjut usia (lansia) mengikuti vaksinasi Covid-19, petugas mendatangi satu per satu warga di permukiman padat Duri Pulo, Jakarta Pusat. Mereka membawa undangan  ajakan untuk mengikuti vaksinasi. 

Petugas yang terdiri dari aparat kelurahan, kepolisian dan TNI datang mengetuk pintu rumah warga. Bertemu dengan lansia, petugas memberikan undangan vaksinasi. Tak lupa, penjelasan pentingnya mendapat suntikan vaksin Covid-19. 

"Ini benar diantar jemput juga? Nah begitu jadi kita yang sudah tua ini nggak susah," ujar Yadi, warga penerima undangan vaksinasi,  Selasa (30/3/2021). 

Menurut Lurah Kampung Pulo, Tjatur Djoko Sabardianto, sebanyak 25 petugas yang disebar ke 106 RT di 10 RW untuk mengantar undangan vaksinasi. 

"Ada 250 surat undangan yang harus dikirim," ujarnya. 

Ia menyebut cara door to door dilakukan untuk memaksimalkan ajakan menjalani vaksinasi. Dengan cara ini, lansia yang tak mengerti akan bisa langsung mendapat edukasi. 

"Termasuk penjelasan bahwa kami siap mengantar jemput lansia yang akan divaksin," katanya. "Kita tak boleh bisa menjelaskan manfaat vaksinasi bagi lansia karena mereka memang harus mengetahuinya. Saya bersyukur banyak yang akhirnya mengerti dan siap divaksin." (yp)