Kriminolog UI Prof. Ronny Nitibaskara Meninggal Dunia

us
Kriminolog UI Prof. Ronny Nitibaskara Meninggal  Dunia

Guru Besar Kriminologi Universitas Indonesia Prof Dr TB Ronny Nitibaskara meninggal dunia, di RS Hermina Ciputat, Rabu (7/4/2021), dalam usia 80 tahun. Almarhum disemayamkan di rumah duka Komplek Dosen UI Ciputat.

Prof Ronny Nitibaskara lahir di Bandung 2 Juli 1943, menamatkan pendidikan S1 di FISIP UI pada Tahun 1970 Jurusan Kriminologi. Gelar Doktor dalam bidang Antropologi diraih pada tahun 1993, dengan judul Reaksi Sosial Terhadap Prektek Ilmu Hitam (Teluh) di Banten.

Gelar Guru Besar Kriminologi diperoleh dari Universitas Indonesia. Di almamaternya Prof Ronny pernah menjabat sebagai Ketua Jurusan Kriminologi dan Pembatu Dekan III FISIP UI.

Prof Ronny pernah mengikuti Internship Program di Universitas Leiden pada Tahun 1986/1987 untuk program doktornya. Di luar bidang akademi Prof Ronny pernah menjabat sebagai Penasihat Ahli Kapolri, Koordinator Kopertis Wilayah III, Dosen PTIK, KIK, SESPATI, Deputi Pusat Kajian Strategis Nasional dan Anggota Dewan Pakar Kemenkum HAM.

Beliau juga sempat menjadi Rektor Universitas Budi Luhur dan merupakan pendiri Program Studi Kriminologi yang sampai saat ini hanya ada tiga di Indonesia (UI, UIR dan Budi Luhur). Di Universitas Budi Luhur Prof Ronny tercatat sebagai guru besar dan pengajar Prodi Kriminologi.(us)