Pasar Tanah Abang Membludak, Penumpang KRL Ikut Melonjak

yp
Pasar Tanah Abang Membludak, Penumpang KRL Ikut Melonjak
Penumpang di Stasiun Tanah Abang, Jakarta Pusat. (instagram infojakarta_)

JAKARTA - Penumpang KRL di Stasiun Tanah Abang membludak padahal masih dalam masa pandemi Covid-19. PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) meminta Pemprov DKI Jakarta mengatur alur operasional Pasar Tanah Abang menjelang lebaran. 

VP Corporate Secretary PT KCI, Anne Purba, mengatakan ada peningkatan penumpang KRL yang mengarah ke Tanah Abang. Penumpang umumnya dari dan ke Pasar Tanah Abang untuk belanja kebutuhan lebaran. Padahal protokol kesehatan Covid-19 harus tetap dijaga.

"KAI Commuter berharap ada pengaturan lebih lanjut mengenai jam dan hari operasional kawasan Pasar Tanah Abang agar kegiatan masyarakat tidak terkonsentrasi pada waktu-waktu tertentu," kata Anne Purba dalam keterangannya, Minggu (2/5/2021).

Dalam catatannya, sejak Sabtu (1/5/2021) Stasiun Tanah Abang ramai pengguna KRL yang hendak menuju ke Pasar Tanah Abang.

"Sampai pukul 17.00 WIB tercatat 41.965 pengguna memanfaatkan jasa KRL Commuter Line dari Stasiun Tanah Abang," ungkapnya. "Jumlah ini meningkat 58 persen dibanding waktu yang sama pada Sabtu pekan lalu."

Tercatat, pengguna KRL hingga pukul 17.00 WIB di Stasiun Tanah Abang mencapai 297.206 orang atau naik 16 persen dibanding pada Sabtu 24 April lalu.

Selain Tanah Abang, KCI juga mencatat ada penambahan jumlah penumpang, antara lain Stasiun Tangerang (8.614 pengguna, naik 48 persen dibanding pekan lalu) dan Stasiun Cikarang, yakni 7.716 orang atau naik 28 persen. (yp)