Dianjurkan Dilaksanakan di Tempat Terbuka, Anies Izinkan Warga Gelar Shalat Id

Harianterbit/Sammy
Dianjurkan Dilaksanakan di Tempat Terbuka, Anies Izinkan Warga Gelar Shalat Id

Warga DKI Jakarta dibolehkan Shalat Idul Fitri (Id) di tempat terbuka atau lapangan. Hal ini untuk mencegah penyebaran Covid-19.

 

"Dalam suasana pandemi ini, saya menganjurkan Shalat Id di lapangan," kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam acara santunan yatim piatu Dewan Perwakilan Cabang (DPC) Gerindra Jakarta Utara, Jalan Menteng Terusan Kelurahan Lagoa, Koja, Jakarta Utara, Selasa.

 

Meski begitu, Anies juga menganjurkan setiap jamaah Shalat Id tetap mengenakan masker dan menjaga jarak antar-jamaah.

 

Ia juga menyarankan agar masyarakat lebih mengedepankan penggunaan media digital konferensi video saat melaksanakan tradisi silaturahmi usai Shalat Id.

 

"Kita harus berikhtiar. Usahakan tidak terjadi pelepasan masker dan tetap menjaga jarak," kata Anies.

 

Objek Wisata

 

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyatakan mempertimbangkan usulan Polda Metro Jaya terkait penutupan beberapa objek wisata selama libur Lebaran agar  tidak terjadi kerumunan masyarakat saar masa pandemi COVID-19.

 

"Ya itu nanti, kan semua keputusan yang diambil Pemprov itu mendengarkan para ahli, para pakar, para epidemiologi, forkopimda, pemerintah pusat," kata Riza di Balai Kota Jakarta, Selasa.

 

Menurut politisi Partai Gerindra itu, pihaknya akan menerima saran dan mempertimbangkan demi kemaslahatan masyarakat.

 

"Semua kita koordinasikan bersama dan kebijakan yang diambil merupakan keputusan terbaik. Pasti semua usulan yang baik akan menjadi pertimbangan kita bersama," ujarnya.

 

Dia mencontohkan beberapa objek wisata saat ini sedang dalam pembahasan tetap beroperasi atau akan ditutup saat momen Idul Fitri.

 

Diketahui, Kepala Biro Operasi Polda Metro Jaya Kombes Pol. Marsudianto yang memberikan masukan agar tempat wisata ditutup saat Idul Fitri guna mencegah kerumunan massa.

#Sholat   #ied   #idulfitri   #lebaran