Bekasi, HanTer - Rumah warga di Bekasi yang melakukan perjalan mudik pada Lebaran kemarin ditempeli stiker oleh Petugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Penempelan stiker dilakukan untuk memudahkan petugas mengidentifikasi pemudik sebagai langkah pencegahan penyebaran virus COVID-19.

Wakil Ketua Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Bekasi, Kombes Pol Hendra Gunawan mengatakan, pemasangan stiker di rumah warga yang melakukan mudik dibedakan oleh variasi warna berdasarkan kriteria tertentu yang telah ditetapkan.

Stiker warna putih ditempel di rumah pemudik yang sudah kembali namun belum melaksanakan tes usap antigen, stiker dengan warna kuning bagi pemudik yang belum kembali dari kampung halaman.

"Setelah dia kembali, petugas segera mengarahkan sekaligus mendampingi si pemudik untuk melakukan swab test," kata dia seperti dilansir Antara, Sabtu.

Selanjutnya stiker dengan warna hijau ditempelkan di rumah pemudik yang telah kembali serta sudah melaksanakan tes usap dengan hasil non-reaktif.

Terakhir stiker warna merah itu menandakan pemudik telah kembali dan sudah melaksanakan swab test dengan hasil reaktif.

"Sudah, sudah mulai berjalan dengan koordinasi masing-masing kepolisian sektor dibantu aparatur setempat," ujar pria yang merupakan Kapolres Metro Bekasi itu.

Hendra mengatakan fungsi penempelan stiker adalah untuk memastikan kondisi kesehatan warga yang baru kembali dari kampung halaman sekaligus mencegah penularan COVID-19 yang berpotensi dibawa pemudik selama dalam perjalanan mudik hingga kembali ke rumah.