Jakarta, HanTer - Aksi pemadaman listrik yang dilakukan di Jakarta saat memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, pada 5 Juni 2021 berkontribusi terhadap penurunan emisi CO2 sebesar 118,54 ton, meningkat dari pelaksanaan pemadaman listrik sebelumnya sebesar 29,9 ton.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Syaripudin mengatakan, pada saat pemadaman lampu serentak juga terjadi penghematan hingga 165 Megawatt atau setara Rp181,4 juta.

"Jumlah itu meningkat dari aksi pemadaman serentak yang dilakukan pada 24 April 2021 dengan penghematan energi listrik sebesar 42 Megawatt atau setara Rp 46 juta," ujarnya di Jakarta, Minggu (6/6/2021).

Syaripudin menjelaskan, peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia di Jakarta ditutup dengan seremonial pemadaman lampu pada tujuh ikon Jakarta sebagai aksi kampanye penghematan energi di Hari Lingkungan Hidup.

Ketujuh ikon tersebut yakni, Balai Kota DKI Jakarta, Monumen Nasional dan Air Mancurnya, Patung Arjuna Wiwaha dan Air Mancur, Bundaran Hotel lndonesia dan Air Mancurnya, Patung Pemuda dan Air Mancurnya, Patung Pahlawan, dan Patung Jenderal Sudirman.

"Aksi pemadaman lampu merupakan salah satu tindakan konkret penghematan energi di Hari Lingkungan Hidup," tandasnya.